Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.300 Camping Ground Siap Sambut Penonton MotoGP Mandalika, Harga Mulai Rp 250 Ribu

Kompas.com - 15/03/2022, 15:03 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hitungan hari jelang pagelaran akbar Pertamina Grand Prix of Indonesia, atau MotoGP Mandalika 2022, seluruh kamar hotel di kawasan Mandalika dilaporkan sudah terisi penuh.

Sebagai alternatif, disediakan pula sebanyak 1.300 kamar tenda di area camping ground yang lokasinya tidak jauh dari venue Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Informasi ketersediaan kamar tersebut disampaikan langsung oleh Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Vinsensius Jemadu.

Baca juga: Patung Jokowi Naik Motor Tiba di Mandalika, Dipasang di Mana?

"Dapat kami sampaikan secara singkat masih tersedia sekitar 6.492 kamar di Lombok. Mandalika dipastikan 100 persen sudah terisi, kalau pun masih ada, khusus Mandalika yang belum terisi adalah camping ground sekitar 1.300 kamar," kata dia dalam Weekly Press Briefing (WPB) Kemenparekraf, Senin (14/3/2022).

Ia mengajak para penonton, khususnya dari kalangan milenial dan yang datang dengan cara touring untuk menginap di camping ground karena jaraknya dari Sirkuit Mandalika.

"Jangan khawatir, di sekitar Mandalika masih ada akomodasi yang bisa menampung teman-teman milenial ataupun yang touring, yang disediakan Bobobox dan Eiger," ujar Vinsensius.

Harga camping ground untuk MotoGP Mandalika

Sementara harga yang ditawarkan untuk camping ground ini berkisar mulai Rp 250.000 sampai dengan Rp 1 juta.

Harga ini telah disesuaikan dengan Pergub NTB Nomor 9 tahun 2022 mengenai batas atas dan batas bawah kamar penginapan.

Foto udara suasana Pertamina Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Senin (14/3/2022). Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan bahwa Mandalika siap menjadi tuan rumah MotoGP pada 18-20 Maret mendatang dan optimistis penyelenggaran akan sukses dilaksanakan.ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI Foto udara suasana Pertamina Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Senin (14/3/2022). Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan bahwa Mandalika siap menjadi tuan rumah MotoGP pada 18-20 Maret mendatang dan optimistis penyelenggaran akan sukses dilaksanakan.

"Saya kira ini harga yang affordable bagi milenial dan juga yang menonton dengan sistem touring," tutur Vinsensius.

Menariknya, kebutuhan akan makanan dan minuman penonton MotoGP pun turut menjadi perhatian Kemenparekraf.

Pada 13 Maret 2022 lalu, Kemenparekraf telah memberangkatkan food truck ke Mandalika untuk menyuplai makanan dan minuman sekaligus mempromosikan kuliner khas Nusantara dalam ajang MotoGP.

Baca juga: Nonton MotoGP Mandalika 2022, Bisa Nginap Gratis di Hotel Apung

“Kami juga bekerja sama dengan Bango untuk membawa sekitar 30 UMKM dari seluruh Indonesia, yang sebagian besar merupakan UMKM lokal Lombok,” ujar Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf Neil El Himam dalam sesi WPB tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com