Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi, Gumuk Sidul Menul-menul Jadi Tempat Wisata Alam Baru Salatiga

Kompas.com - 15/03/2022, 23:03 WIB
Dian Ade Permana,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

SALATIGA, KOMPAS.com - Tempat wisata alam Gumuk Sidul Menul-menul di Salatiga, Jawa Tengah, telah dicanangkan oleh Wali Kota Salatiga, Yulianto, Senin (14/3/2022).

"Ini tentu akan memperkaya destinasi wisata di Salatiga. Semoga menjadi destinasi wisata yang membanggakan masyarakat Sidorejo Kidul. Dan nanti juga bisa ditiru oleh kelurahan lain, serta dampaknya akan meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar," harap Yuliyanto.

Ia melanjutkan, tempat ini dikonsep oleh Ary Indra selaku arsitek destinasi.

Baca juga:

Berlokasi di Kelurahan Sidorejo Kidul, Kecamatan Tingkir, Gumuk Sidul Menul-menul memiliki konsep wisata alam yang bisa dijadikan sebagai pusat kegiatan masyarakat. 

"Kita buat ini menjadi tempat outdoor wedding, tempat meetingspot selfie, outbound, dan kegiatan luar ruangan lainnya," kata Lurah Sidorejo Kidul, Irwan, kepada Kompas.com, Senin. 

Ia menambahkan, tempat wisata ini memiliki ketinggian 600 meter di atas permukaan laut (mdpl), sehingga pemandangannya sangat bagus. Pengunjung bisa melihat Gunung Merbabu, Telomoyo, dan Andong dengan sangat jelas.

"Kita juga menggerakan perekonomian masyarakat dengan membuat pasar tiban," jelasnya.

Wali Kota Salatiga Yuliyanto mencanangkan Gumuk Sidul Menul-menul sebagai destinasi wisata alamKOMPAS.com/Ist Wali Kota Salatiga Yuliyanto mencanangkan Gumuk Sidul Menul-menul sebagai destinasi wisata alam

Menurutnya, Gumuk Sidul siap menampung masyarakat yang ingin berkreasi dengan memanfaatkan potensi alam yang ada. Namun, sebelum dibuka, akan ada pembekalan untuk masyarakat selaku pengelola agar tidak mengecewakan pengunjung.

Sementara itu, Camat Tingkir, Sulistiyono, mengatakan bahwa pembangunan Gumuk Sidul Menul-menul sudah lama diinginkan oleh warga.

Baca juga:

"Ini adalah cita-cita kami, warga Sidorejo Kidul, sejak lama. Dulu perencanaan baru selesai disusun roadmap-nya. Dan saat ini kita bersyukur karena bisa direalisasikan pada masa kepemimpinan Lurah Irwan," ujarnya.

Dia menilai, hal tersebut adalah investasi jangka panjang dan akan menjadi inspirasi bagi wilayah lain.

"Kami ingin terus membangun wilayah Tingkir menjadi daerah yang berkembang dan menyejahterakan warga," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com