Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta Gedung Baru Sarinah, Diresmikan Hari Ini

Kompas.com - 21/03/2022, 10:00 WIB
Ulfa Arieza ,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hari ini, Senin (21/03/2022), pusat perbelanjaan Sarinah akan kembali dibuka setelah tutup sementara untuk renovasi sejak 2020 lalu.

Informasi ini disampaikan melalui akun Instagram resmi PT Sarinah (Persero), @sarinahindonesia, sebagai BUMN pengelola pusat perbelanjaan tersebut.

Siapa yang sudah kangen dengan Sarinah? Nantikan pembukaan Sarinah pada tanggal 21 Maret 2022 nanti,” tulis akun tersebut, dikutip Kompas.com, Senin.

Usai renovasi, Sarinah akan memiliki wajah baru. Berikut lima hal baru yang bisa ditemui pengunjung di pusat perbelanjaan sekaligus gedung pencakar langit pertama di Indonesia itu.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Gedung Sarinah yang Akan Dibuka Kembali Maret 2022

1. Pusat produk UMKM

 Booth Sarinah di pameran Adiwastra Nusantara 2022. ANTARA/HO-Sarinah Booth Sarinah di pameran Adiwastra Nusantara 2022.

Sarinah akan menjadi pusat produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Hal tersebut telah diungkapkan oleh Menteri BUMN Erick Thohir sejak proses renovasi dimulai dua tahun lalu.

Erick ingin produk-produk lokal bisa bersaing dengan produk global.

“Kami juga berkomitmen menjadikan Sarinah sebagi rumah bagi produk-produk lokal. Saya tentunya akan mendorong agar produk-produk lokal jadi pemenang di negeri sendiri, amin," ujarnya dikutip dari Kompas.com (29/09/2021).

Baca juga: Sarinah Jakarta akan Dijadikan Pusat UMKM Nasional

Keinginan itu tentunya sejalan dengan kehadiran Sarinah sendiri sebagai sejarah perkembangan ibu kota. Dalam unggahan Instagram @sarinahindonesia, disebutkan bahwa Gedung Sarinah adalah salah satu proyek mercusuar pada zaman Presiden Soekarno yang berfungsi untuk mengedepankan dan mendukung etalase produk lokal.

“Hingga saat ini, transformasi pembukaan gedung Sarinah akan tetap menunjukkan rasa cinta terhadap UMKM dengan wajah baru dan mengikuti perkembangan zaman yang pesat,” tulis akun tersebut.

2. Konsep community mall

Sejak sepekan sebelum pembukaan, sejumlah informasi mengenai wajah baru Gedung Sarinah mulai disampaikan melalui akun Instagram, @sarinahindonesia.

Salah satunya, Gedung Sarinah yang baru akan mengusung konsep community mall (mal komunitas). Harapannya, Gedung Sarinah dapat menjadi tempat berkumpul anak muda dan komunitas.

Mengusung tema community mall, Sarinah berharap dapat menjadi tempat anak muda dan komunitas untuk berkumpul bersama,” tulis unggahan akun Instagram @sarinahindonesia.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Gedung Sarinah yang Akan Dibuka Kembali Maret 2022

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com