Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/03/2022, 18:33 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Malaysia akan membuka kembali perbatasannya secara penuh pada Jumat (1/4/2022). Bagi wisatawan asing yang ingin berkunjung, mereka tidak hanya berwisata, namun juga bisa menjalani layanan untuk health screening atau medical check-up.

Terdapat beberapa destinasi wisata berbasis kesehatan di Malaysia, tiga di antaranya adalah Johor, Selangor, dan Sarawak.

Sejumlah daerah tersebut menawarkan paket layanan pemeriksaan kesehatan sekaligus wisata dengan harga cukup terjangkau.

Baca juga:

Johor, misalnya, menyediakan program pemulihan Covid-19 yang sudah dilengkapi akomodasi sekaligus wisata di kawasan tersebut. Dengan harga pemeriksaan mulai dari 338 ringgit Malaysia atau sekitar Rp 1,1 juta.

Tak hanya itu, obyek-obyek wisata yang ada di Johor juga memiliki fasilitas untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan pengunjung.

"Ada Covid Package atau Paket pemeriksaan Post Covid-19. Kita juga adakan pemeriksaan di semua produk dan daerah wisata. Wisatawan akan menemukan vending machine yang tersedia di semua entry point. Mesin itu menyediakan test kit," ujar Deputy Director Tourism Johor Mohd Azlan Ab. Jalil saat ditemui di Pullman Central Park, Jakarta Barat, Rabu (23/3/2022).

Ilustrasi Kota Tinggi di Johor, Malaysia.UNSPLASH/Alfred Ilustrasi Kota Tinggi di Johor, Malaysia.

Ia mengatakan, selain untuk treatment kesehatan dengan sekitar 41 layanan rumah sakit, wisatawan medis bisa membawa keluarga untuk menikmati wisata yang ada di Johor.

Beberapa wisata unggulan Johor di antaranya adalah pantai, ecotourism, agrotourism, kedai kopi atau spot-spot instagramable, dan Kota Tinggi yang bersejarah.

Baca juga: 6 Wisata Malaysia Pemecah Rekor Dunia, Ada Pendakian Via Ferrata Tertinggi

Sementara itu, Selangor juga siap menyambut wisatawan medis dan non-medis yang ingin merawat kesehatan sekaligus menikmati wisata di daerah tersebut.

Ketua Pegawai Eksekutif Tourism Selangor, Tuan Azrul Shah Mohammad, mengatakan bahwa Selangor memiliki 46 rumah sakit dan pusat kesehatan yang memiliki peralatan medis yang canggih serta modern.

Di samping itu, pihaknya juga menyediakan paket untuk wisata kesehatan, yang merupakan kolaborasi dari sejumlah rumah sakit dan travel agent

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com