Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klaten Tiadakan Tradisi Padusan di Umbul Jelang Ramadhan 2022

Kompas.com - 25/03/2022, 17:04 WIB
Ulfa Arieza ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten, Jawa Tengah, kembali meniadakan tradisi padusan di sejumlah umbul, atau pemandian alami, menjelang Ramadhan 2022 ini. 

Untuk diketahui, padusan berasal dari bahasa Jawa adus yang berarti mandi. Bagi masyarakat Jawa, makna padusan adalah menyucikan diri serta membersihkan jiwa dan raga dalam menyambut datangnya bulan suci.

Biasanya, padusan dilakukan dengan cara berendam, atau mandi di sumur-sumur atau sumber mata air lainnya.

Dikutip dari Tribun Solo, Senin (21/3/2022), keputusan ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor 1 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Seni dan Tradisi Menjelang Bulan Suci Ramadhan.

"Persiapan bulan puasa ini, kami sudah terbitkan Surat Edaran Sekda (Sekretariat Daerah). Padusan ditiadakan," ujar Pejabat (PJ) Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten, Jajang Prihono, dikutip dari Tribun Solo.

Baca juga:

Umbul Manten yang ramai oleh ribuan pengunjung menjelang Bulan Ramadhan.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Umbul Manten yang ramai oleh ribuan pengunjung menjelang Bulan Ramadhan.

Menurutnya, peniadaan padusan tersebut guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Klaten. Bagi masyarakat ingin melakukan tradisi padusan, tetap bisa melaksanakan di rumah masing-masing.

Meskipun padusan ditiadakan, namun tempat wisata air di Kabupaten Klaten tetap buka dengan aturan protokol kesehatan (prokes) ketat.

"Tempat wisata tetap buka dengan penerapan PPKM Level 3," imbuhnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com