Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta Garuda Wisnu Kencana Bali, Lokasi Makan Malam KTT G20

Kompas.com - 26/03/2022, 17:21 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu tempat wisata populer di Bali, Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park, akan menjadi salah satu tempat untuk acara makan malam para delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Tempat wisata yang memiliki patung karya seniman Nyoman Nuarta ini akan dikunjungi saat kegiatan pada 15-16 November 2022 mendatang.

Oleh karena itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi), didampingi para menteri termasuk salah satunya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, meninjau lokasi tersebut, Jumat (25/3/2022).

"Semuanya dalam keadaan on progress. Pak Jokowi tadi memberi catatan terkait alur masuk kendaraan delegasi agar tidak menunggu terlalu lama, area parkir, hingga tempat makan malam, agar memiliki kesan mendalam bagi para pemimpin negara saat di GWK," ujar Sandiaga, dalam keterangan resmi, Sabtu (26/3/2022).

Baca juga:

Tak hanya menjadi tempat wisata yang berperan penting di mata dunia, Garuda wisnu Kencana di Kabupaten Badung ini memiliki sejumlah fakta unik yang menjadi daya tarik.

Fakta Garuda Wisnu Kencana

Seperti dirangkum Kompas.com, berikut beberapa fakta menarik dari Garuda Wisnu Kencana.

1. Filosofi patung GWK sebagai simbol penyelamatan lingkungan

Garuda Wisnu Kencana atau GWK Cultural Park di Kabupaten Badung, Bali.UNSPLASH/Ayadi Ghaith Garuda Wisnu Kencana atau GWK Cultural Park di Kabupaten Badung, Bali.

Mengutip situs web resmi Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, patung GWK menggambarkan Dewa Wisnu yang sedang mengendarai garuda. Dalam mitologi Hindu, Dewa Wisnu dianggap sebagai pelindung alam semesta.

Ia didampingi oleh hewan garuda yang melambangkan bentuk kesetiaan dan pengabdian. Sementara itu, kencana berarti emas, dan keduanya dihiasi dengan mahkota mosaik emas.

Tak hanya itu, garuda juga merupakan lambang negara Indonesia dan mewakili kebebasan.

Nyoman Nuarta menuangkan misi penyelamatan lingkungan dalam karyanya ini, dikutip dari Kompas.com pada Minggu (14/3/2021).

"Simboliknya begini, sebenarnya garuda itu manusia yang berjanji terhadap kehidupan ini untuk memelihara, mengembangkannya dan melindunginya. Manusia inilah yang bisa menghancurkan dan memperbaiki keadaan lingkungan," jelasnya.

2. Salah satu patung tertinggi di dunia

Patung dan alas Garuda Wisnu Kencana memiliki tinggi 121 meter, dengan lebar 46 meter berkat rentang sayap garuda.

Sebagai perbandingan, patung Garuda Wisnu Kencana mengalahkan tinggi Patung Liberty di New York, Amerika Serikat, yang mencapai 93 meter.

Oleh karena itu, patung GWK termasuk dalam daftar patung tertinggi di dunia, tepatnya posisi ketiga, setelah Statue of Unity di India dan Spring Temple Buddha di China. 

Selain itu, biaya pembangunannya sekitar Rp 450 miliar.

Baca juga: Mau Foto Prewedding di GWK Bali? Begini Caranya...

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com