Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/03/2022, 19:07 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika ingin mengunjungi Kampung Girpasang di Klaten, salah satu kendaraan yang bisa menjadi pilihan adalah bus wisata yang disediakan DAMRI dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten.

Pemkab Klaten dan DAMRI baru saja meresmikan bus khusus wisata yang melayani rute ke Girpasang yang berlokasi di Lereng Gunung Merapi, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, pada Selasa (29/3/2022).

Baca juga: Rute Tercepat ke Jembatan Girpasang Klaten, Naik Kendaraan Pribadi

Rute dan harga tiket bus wisata ke Girpasang Klaten

Diketahui, rute bus khusus wisata ini bisa berangkat dari Kantor DAMRI Cabang Yogyakarta di Ring Road Timur, Banguntapan, Bantul.

Selain itu, bisa juga berangkat dari Terminal Ir Soekarno di Klaten. Lalu menuju Kampung Girpasang yang berjarak 26 kilometer (km).

"Sementara rute bus tahap awal dari Yogyakarta, menuju Ir Soekarno di Klaten, lalu ke Girpasang," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Klaten Sri Nugrohokepada Kompas.com, Selasa (29/3/2022).

Mengutip Tribunnews , Selasa (29/3/2022), bus wisata ini memiliki tarif Rp 30.000 untuk setiap keberangkatan.

Baca juga:

Nugroho mengatakan, hal yang melatarbelakangi DAMRI mengoperasikan angkutan wisata tersebut adalah untuk meningkatkan pariwisata di Klaten.

Jembatan Gantung GirpasangDok. Kementerian PUPR Jembatan Gantung Girpasang

"Tujuannya memberikan pelayanan kemudahan transportasi apabila masyarakat akan menuju lokasi wisata jika ingin naik bus," ujar dia.

Senada, Bupati Klaten Sri Mulyani berharap adanya angkutan wisata ke Kampung Girpasang dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke lereng Merapi.

Menurut Sri Mulyani, selama ini wisatawan luar maupun lokal yang ingin pergi ke Kampung Girpasang hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi.

Baca juga: Tips Wisata Jembatan Gantung Girpasang, Waktu Terbaik buat Datang

"Hadirnya ini tentu semakin membuat banyak pilihan dan semoga banyak peminatnya," ujarnya dikutip dari Tribunnews, Selasa. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com