Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelaku Perjalanan Luar Negeri Bertambah, Bandara Soekarno-Hatta Tambah Lokasi Tes PCR

Kompas.com - 29/03/2022, 23:11 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Peningkatan jumlah turis asing dan Pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) di Bandara Soekarno-Hatta beberapa hari terakhir membuat pihak bandara mengumumkan sejumlah kebijakan baru.

Di antaranya ialah penambahan lokasi, atau titik pengambilan sampel tes RT-PCR bagi PPLN yang baru tiba, agar protokol kesehatan dapat berjalan dengan baik dan proses kedatangan internasional berjalan lancar.

"Mulai hari ini (28/3/2022), lokasi tes RT-PCR bagi PPLN ditambah di curbside (selasar) area kedatangan internasional Terminal 3 setelah melalui area imigrasi dan Bea Cukai," terang
Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi, dalam keterangan resmi yang Kompas.com terima, Senin.

Baca juga: PPLN Bebas Karantina, Jumlahnya di Ngurah Rai dan Soekarno-Hatta Naik

Artinya, mulai Senin (28/3/2022), terdapat dua lokasi tes RT-PCR bagi PPLN yang baru mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, yaitu di dalam area kedatangan internasional Terminal 3 dan di selasar Terminal 3.

Keberadaan lokasi tes di selasar Terminal 3 ini akan mendukung lokasi tes RT-PCR yang berada di dalam area kedatangan internasional Terminal 3.

Penambahan lokasi tes PCR di Bandara Soekarno-Hattadokumentasi Bandara Soekarno-Hatta Penambahan lokasi tes PCR di Bandara Soekarno-Hatta

Sebagaimana diketahui, PPLN yang baru tiba di Indonesia wajib menjalani tes RT-PCR di pintu masuk kedatangan (entry point) sesuai Surat Edaran Satgas Nomor 15/2022 dan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 33/2022.

Sementara, khusus PPLN dengan kategori Pelajar, ASN, dan PMI, pengambilan sampel tes RT-PCR dilakukan di Wisma Atlet atau lokasi yang ditetapkan Satgas Covid-19.

Antrea tes PCR di Bandara Soekarno-Hatta

Pada 27 Maret 2022 lalu, dikabarkan sempat terjadi antrean PPLN yang akan melakukan RT-PCR di area kedatangan internasional, lantaran meningkatnya jumlah PPLN, khususnya yang tiba pada pukul 14.00 WIB sampai 17.00 WIB.

Agus Haryadi mengatakan, kedatangan PPLN melalui Bandara Soekarno-Hatta hingga saat ini tercatat rata-rata berkisar 5.000 orang setiap harinya.

Sejumlah penanganan pun telah dilakukan, termasuk menambah tenaga kesehatan untuk pengambilan sampel RT-PCR guna menghindari antrean panjang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com