Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiket Kereta Mudik Lebaran Bisa Dipesan, 15 Persen Sudah Terjual

Kompas.com - 31/03/2022, 22:10 WIB
Desi Intan Sari,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Menjelang Ramadhan, PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah mengumumkan bahwa tiket Kereta Api (KA) sudah bisa dipesan. 

Tiket kereta untuk mudik pada masa Angkutan Lebaran 1443 H ini bisa dipesan melalui aplikasi KAI Access, web kai.id, loket stasiun, dan seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya. 

Diketahui juga bahwa KAI telah menerapkan peraturan penjualan tiket KA jarak jauh itu mulai dari H-30 sebelum hari keberangkatan.

Baca juga: Kapan Bisa Pesan Tiket Kereta Mudik Lebaran 2022, Berikut Penjelasannya

Per 1 April 2022, KAI diketahui akan menjual tiket mulai H-45 sebelum keberangkatan agar masyarakat bisa membeli tiket untuk 1 April sampai 2 Mei 2022 hingga seterusnya. 

Menurut Vice President Public Relation KAI Joni Martinus, perubahan ini dibuat agar masyarakat bisa merencanakan perjalanan dengan KA pada masa angkutan lebaran.

Jangan sampai gagal mudik

Pihak KAI juga mengimbau kepada calon penumpang agar lebih teliti lagi dalam memasukkan tanggal, data diri, hingga memilih rute dalam melakukan pemesanan. 

Pemesanan tiket harus dilakukan dengan baik, termasuk soal estimasi perjalanan menuju stasiun agar tidak ada kekeliruan yang membuat penumpang gagal mudik Lebaran. 

Baca juga: PT KAI Tawarkan Diskon Tiket Kereta Api hingga 60 Persen dan Flash Sale

“KAI juga meminta masyarakat mengikuti perkembangan terkait persyaratan menggunakan kereta api di masa Angkutan Lebaran dari pemerintah. Saat ini KAI masih menunggu peraturan resminya dan akan segera kami sosialisasikan jika aturan tersebut sudah diterbitkan,” jelas Joni dalam press rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (31/3/2021).

Masa angkutan lebaran kereta api

Lebih lanjut KAI juga telah menetapkan bahwa masa Angkutan Lebaran dimulai pada H-10 sampai dengan H+10 Lebaran atau dari 22 April hingga 13 Mei 2022. 

Untuk periode tersebut KAI akan memprogramkan perjalanan kereta per hari rata-rata adalah 401 KA. 

Ilustrasi Kereta Api.KOMPAS.com/DANDY BAYU BRAMASTA Ilustrasi Kereta Api.

Adapun kapasitas tempat duduk yang disediakan per harinya rata-rata ada sebanyak 216.608 tempat duduk untuk KA Jarak Jauh dan KA Lokal.

Semua itu telah disesuaikan dengan peraturan pemerintahan mengenai kapasitas KA Jarak Jauh yakni 100 persen, sedangkan KA Lokal sebesar 70 persen. 

Baca juga: Pilihan Transportasi Yogyakarta ke Banyuwangi, Ada Kereta Api dan Bus

Hingga saat ini, tepatnya Kamis (31/3/2022), KAI sudah menjual 155.672 tiket KA Jarak Jauh untuk keberangkatan periode 22 sampai dengan 30 April.

Tiket yang telah terjual itu adalah 15 persen dari total tiket yang disedikan oleh KAI untuk mudik Lebaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com