Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laut Iblis di Jepang yang Misterius, Sama seperti Segitiga Bermuda

Kompas.com - 05/04/2022, 06:06 WIB
Ulfa Arieza ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Sejumlah perairan di dunia ini menyimpan misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini.

Pada umumnya, masyarakat mengenal Segitiga Bermuda atau Bermuda Triangle sebagai lautan yang menyimpan misteri karena kapal dan pesawat terbang yang melintas kawasan tersebut hilang tanpa jejak.  

Namun, ternyata Segitiga Bermuda bukanlah satu-satunya perairan yang menyimpan misteri. Mengutip CNN, The Devil's Sea atau Laut Iblis juga mempunyai fenomena serupa. 

Baca juga: Tur Wisata Misteri di Kyoto, Mulai dari Terowongan sampai Kolam Darah

Baca juga: Wisata Misteri ke Pulau Poveglia yang Diasingkan, Terdapat Kuburan Masal

Lantas, apa itu Laut Iblis dan apa misteri yang tersimpan di dalamnya? Berikut fakta-faktanya seperti yang Kompas.com rangkum: 

Lokasi Laut Iblis 

Berdasarkan informasi dari CNN, The Devil's Sea atau Laut Iblis juga dikenal dengan sebutan Dragon's Triangle.

Lokasinya berada di Samudra Pasifik tepatnya di sekitar Pulau Miyake, Jepang atau 100 kilometer dari Tokyo ke arah selatan.

Mengutip dari Marine Insight, kawasan tersebut dalam bahasa Jepang disebut sebagai ma-no umi yang berarti Sea of The Devil atau Laut Iblis.

Sesuai namanya, Dragon's Triangle atau Segitiga Naga perairan misterius ini membentuk garis khayal segitiga yang memanjang antara Jepang, Kepulauan Bonin, dan sebagian besar Laut Filipina.

Baca juga: Memecahkan Misteri di Subway Kota Tokyo

Namun, lokasi pasti dari Laut Iblis Jepang masih diperdebatkan karena beberapa laporan mengklaim jarak berbeda ke wilayah tersebut. Oleh sebab itu, Laut Iblis Jepang tidak secara resmi dimasukkan ke dalam peta, karena ukuran dan keliling perairan tersebut tidak diketahui.

Banyak kapal hilang di Devil's Sea

Catatan penulis Charles Berlitz seperti dikutip CNN mengungkapkan bahwa pemerintah Jepang telah kehilangan lima kapal militer serta 100 ilmuwan yang dikirim untuk mempelajari wilayah tersebut.

Mirisnya, kehilangan secara misterius itu terjadi hanya dalam waktu dua tahun antara 1952 hingga 1954.

Berdasarkan informasi dari Marine Insight, Kubilai Khan dari Kekaisaran Mongol yang merupakan cucu Genghis Khan, telah mencoba masuk ke Jepang pada 1274 dan 1281.

Ilustrasi kapal karamKOMPAS.com/NURWAHIDAH Ilustrasi kapal karam

Namun, kedua upaya tersebut  gagal lantaran ia kehilangan kapalnya dan 40.000 pasukannya yang diduga terjadi di perairan Laut Iblis Jepang. 

Kala itu, sejarah menyebutkan bahwa pasukan  Kubilai Khan diterpa oleh angin topan dahsyat di laut sehingga hilang tanpa jejak. 

Selanjutnya, pada periode 1940 hingga 1950-an, sejumlah kapal penangkap ikan dan lebih dari lima kapal militer Jepang hilang tanpa jejak di laut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com