Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesona Pantai Riangsunge, Wisata Pasir Putih di Pulau Solor NTT

Kompas.com - 08/04/2022, 10:48 WIB
Serafinus Sandi Hayon Jehadu,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

LARANTUKA, KOMPAS.comPantai Riangsunge menjadi salah satu tempat favorit bagi warga dan wisatawan yang berkunjung Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pantai Riangsunge berada di Pulau Solor, tepatnya Kelurahan Witaebang, Kecamatan Solor Barat, Flores Timur.

Pantai ini bisa ditempuh selama satu setengah jam dari Pelabuhan Laut Larantuka menuju Pelabuhan Witaebang naik kapal motor.

Baca juga: Wisata di Hutan Enau Flores Barat NTT, Belajar Manfaat Aren

Pantai Riangsunge memiliki pasir putih yang menawan. Air lautnya jernih dan bersih. Banyak spot intagramable yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk berfoto.

Di pesisir pantai ini juga ditumbuhi pepohonan yang rindang. Sangat cocok untuk berteduh sambil menikmati keindahan pantai.

Pantai Riangsunge juga dilengkapi dengan fasilitas penunjang seperti toilet, wahana bermain anak-anak, lopo, dan panggung untuk pentas seni.

Keindahan Pantai Riangsunge

Biasanya sebelum matahari terbenam, sekelompok anak muda selalu ramai di pantai itu. Begitu juga para pengunjung, mereka menunggu sunset.

Salah satu wisatawan bernama Oni Ratumakin mengaku senang saat berkunjung ke Pantai Riangsunge.

Baca juga: Beo Runa, Pusat Peradaban Minangkabau di Flores Barat (1)

"Pantainya sangat indah. Walaupun agak lelah sepanjang perjalanan, tetapi semuanya akan terbayar saat tiba ditempat ini,” ujar Oni kepada Kompas.com, pada Kamis (6/4/2022).

Foto: Pintu masuk menuju Pantai Riangsunge Kelurahan Witaebang, Kecamatan Solor Barat, Flores Timur. Dokumen Oni Ratumakin Foto: Pintu masuk menuju Pantai Riangsunge Kelurahan Witaebang, Kecamatan Solor Barat, Flores Timur.

Menurutnya, keberadaan Pantai Riangsunge tidak hanya menawarkan pesona alam yang indah, tetapi menjadi salah satu spot wisata di Kabupaten Flores Timur, khususnya Pulau Solor.

"Pulau Solor ini tidak terlalu besar, hanya tiga kecamatan. Tetapi punya wisata yang bisa menjadi ikon ke depan," katanya.

Namun, Oni menyarankan agar penduduk setempat membuka kuliner, sehingga pengunjung tidak perlu membawa bekal saat berkunjung ke Pantai Riangsunge.

Baca juga: Ingin Menyaksikan Embun Pagi? Jelajahi Lembah Wajur di Flores Barat

“Ini juga bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat. Apalagi kalau ada kuliner khas, pasti wisatawan akan tertarik datang ke tempat ini,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com