Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kegiatan Ramadhan Jakarta Aquarium, Buka Puasa Bareng Ikan-ikan

Kompas.com - 08/04/2022, 13:05 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat yang ingin ngabuburit atau rekreasi sambil menunggu waktu buka puasa, salah satu alternatifnya bisa berkunjung ke Jakarta Aquarium & Safari (JAQS), berlokasi di Mal Neo SOHO, Jakarta Barat. 

Head of Social, Branding, dan Communication JAQS, Fira Basuki menyampaikan, selama bulan Ramadhan, ada rangkaian acara khusus yang ditawarkan.

Baca juga: Asal-usul Kata Ngabuburit, Ternyata dari Bahasa Sunda  

"Di Jakarta Aquarium & Safari, bisa melihat-lihat satwa akuatik dan non-akuatik, dan keadaan otentik seperti saat Ramadhan. Misalnya di Marrakesh Tunnel bisa foto-foto di situ, merasakan keadaan puasa jaman dahulu di Maroko," kata Fira saat ditemui Kompas.com, Rabu (06/04/2022).

Lebih lanjut, ia mengatakan pengunjung bisa menyaksikan berbagai jenis ikan dan makhluk laut dalam akuarium raksasa. Sekaligus melihat satwa non-akuatik unik seperti lemur, ular, meerkat, binturong, dan lainnya.

Baca juga:

Lalu, apa saja yang bisa dilakukan saat ngabuburit, selain melihat-lihat hewan koleksi Jakarta Aquarium & Safari?

Berikut sejumlah hal yang bisa dicoba oleh pengunjung di JAQS selama bulan puasa.

1. Berfoto di Marrakesh Tunnel

Berfoto di Marrakesh Tunnel di Jakarta Aquarium & SafariKOMPAS.com/Faqihah Muharroroh Itsnaini Berfoto di Marrakesh Tunnel di Jakarta Aquarium & Safari

Seperti yang telah disampaikan Fira sebelumnya, dengan nuansa ala bazar di Maroko, pengunjung dapat merasakan seolah berada di negeri dongeng dan Hikayat 1001 Malam saat melewati lorong ini.

Dari pantauan Kompas.com di lapangan, Rabu, dekorasi Marrkaesh Tunnel dihias sedemikian rupa sehingga terlihat menarik dan Instagramable.

Mulai dari hiasan tirai, lampu warna-warni, karpet, hingga barang antik lainnya melengkapi spot foto area Marrakesh Tunnel.

Baca juga: 10 Tempat “Ngabuburit” Gratis di Jakarta, Bisa Berburu Takjil 

2. Menyaksikan Mini Opera

Mini Opera 1001 Mimpi di Jakarta Aquarium & SafariKOMPAS.com/Faqihah Muharroroh Itsnaini Mini Opera 1001 Mimpi di Jakarta Aquarium & Safari

Bertajuk 1001 Mimpi, JAQS menghadirkan mini opera spesial Ramadhan yang menceritakan tentang seorang pemuda dan kerang ajaibnya.

"Selama Ramadhan hingga nanti Hari Raya Idul Fitri, kami menyajikan suguhan spesial bertema 1001 Mimpi. Kami ada mini opera, yang bercerita tentang hikayat seorang pemuda yang menemukan kerang ajaib," terang Fira.

Baca juga: 8 Museum di Jakarta untuk Dikunjungi Saat Ngabuburit

Hampir sama dengan cerita pemuda dengan jin di lampu ajaib, kali ini sosok jin atau Genie dalam kerang diperankan oleh seorang putri duyung. Puteri Duyung Genie lalu mengabulkan tiga permintaan sang pemuda.

Pertunjukan tersebut juga menghadirkan suasana Ramadhan yang kental, dengan pertunjukan marawis, musik gambus, dan bedug di dalam air yang termasuk dalam rangkaian opera.

Sebagai informasi, Mini Opera hanya berlangsung sampai 29 April 2022, setiap hari Senin-Jumat pukul 15.00 WIB.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com