Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pariwisata Labuan Bajo Kembali Bergeliat pada Awal 2022

Kompas.com - 13/04/2022, 11:06 WIB
Nansianus Taris,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Pemerintah mulai melonggarkan aturan pelaku perjalanan seiring dengan kasus Covid-19 yang semakin menunjukkan tren positif.

Pelonggaran tersebut rupanya cukup berdampak pada industri pariwisata di berbagai daerah di Indonesia, termasuk Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kini, pariwisata di Labuan Bajo sudah mulai bergeliat.

Baca juga: 60.439 Wisatawan Berkunjung ke Labuan Bajo Selama 2021

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Manggarai Barat, Pius Baut mengatakan, kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo mulai naik sejak November 2021 karena kasus Covid-19 mulai menurun.

Kemudian pada 2022, angka kunjungan terus menunjukkan tren kenaikan, terutama setelah pemerintah melonggarkan aturan perjalanan, seperti salah satunya mengenai tes usap antigen dan PCR.

"Berdasarkan data tiga bulan terakhir, pariwisata Labuan Bajo pelan-pelan naik. Kenaikan jumlah kunjungan ini juga karena bersamaan dengan Asia Internasional Week pada Maret 2022," kata Pius kepada Kompas.com di rumah kerjanya belum lama ini.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Labuan Bajo, Bisa ke Mana Saja?

Ia menyebut, selama tiga bulan terakhir pada 2022, sudah ada 12.863 wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo. Dari jumlah itu, jumlah wisatawan mancanegara sebanyak 818 orang dan wisatawan nusantara 12.045 orang.

Ia berharap, kunjungan wisatawan akan semakin meningkat seiring semakin terkendalinya kasus Covid-19.

"Harapannya dengan meningkatnya kunjungan wisatawan, ekonomi masyarakat segera pulih," ucap dia.

60.439 wisatawan kunjungi Labuan Bajo selama 2021

Pulau Kalong di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).WIKIMEDIA COMMONS/KHOIRUL AMRI Pulau Kalong di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pius juga menyebutkan jumlah kunjungan wisatawan selama 2021.

Berdasarkan data, total wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo pada periode tersebut mencapai 60.439 orang.

Baca juga: Oleh-oleh Khas NTT, Kain Tenun Ikat yang Bisa Dibawa Pulang dari Labuan Bajo

Dari jumlah itu, paling banyak adalah wisatawan nusantara, yakni 57.205 orang, sementara wisatawan mancanegara hanya 3.234 orang.

"Ini jumlah kunjungan dari Januari sampai Desember 2021," jelas Pius saat dihubungi, Selasa (12/04/2022).

Ia mengungkapkan, wisatawan yang datang ke Labuan Bajo itu berkunjung di berbagai destinasi wisata, seperti Taman Nasional Komodo, Gua Rangko, dan Cunca Wulang.

Baca juga: 5 Tips Liburan Mewah ke Labuan Bajo, Ini Kisaran Harganya

Meski angkanya terbilang rendah, namun perlahan jumlah kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo mulai kembali pulih setelah dihantam pandemi Covid-19 sekitar dua tahun.

Data Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BPOPLBF), pada 2019 kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo mencapai sekitar 256.000 orang. Kemudian, angkanya menurun sekitar 83 persen saat pandemi Covid-19 merebak dan hanya menyisakan sekitar 44.000 wisatawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com