Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Syarat Naik Kapal Laut Saat Mudik 2022, Bebas Antigen dan PCR

Kompas.com - 15/04/2022, 20:05 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Masyarakat yang ingin naik kapal laut untuk perjalanan mudik 2022, bisa bebas dari tes antigen maupun tes PCR. Asalkan memenuhi sejumlah syarat, termasuk status vaksinasi Covid-19.

Persyaratan mudik naik kapal laut telah tertulis dalam Surat Edaran (SE) Menteri Perhubungan Nomor 37 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Laut Pada Masa Pandemi COVID-19.

SE ini sendiri merujuk pada Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 16 Tahun 2022.

Baca juga:

Sebagai informasi, SE Menteri Perhubungan Nomor 37 Tahun 2022 telah berlaku sejak 5 April 2022, sampai waktu yang ditentukan kemudian.

Oleh karena itu, agar perjalanan mudik menggunakan kapal laut berjalan dengan lancar dan nyaman, simak peraturan terbaru naik kapal saat mudik berikut ini.

Syarat terbaru naik kapal laut saat mudik 2022:

Ilustrasi mudik bersama keluargaSHUTTERSTOCK Ilustrasi mudik bersama keluarga

Berikut ini adalah beberapa syarat mudik naik kapal laut:

1. Calon penumpang yang telah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga (booster) tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau tes rapid antigen.

2. Calon penumpang yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua, wajib melampirkan hasil negatif RT-PCR (3x24 jam) atau tes rapid antigen (1x24 jam).

3. Calon penumpang yang baru mendapatkan vaksinasi dosis pertama, wajib menyertakan hasil negatif RT-PCR (3x24 jam).

4. Calon penumpang berusia di bawah enam tahun dikecualikan dari ketentuan vaksinasi, serta tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau tes rapid antigen. Serta dapat melakukan perjalanan dengan pendamping dan menerapkan protokol kesehatan ketat.

5. Calon penumpang dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang tidak dapat menerima vaksinasi, wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR (3x24 jam) dan melampirkan bukti surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah.

6. Calon penumpang wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi

Baca juga:

Selain memenuhi ketentuan tersebut, para penumpang kapal laut juga tetap harus disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Penumpang wajib menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer," tulis akun Instagram resmi Kementerian Perhubungan @kemenhub151.

Baca juga: 7 Tips Traveling Aman Saat Puasa, Buat Daftar Perjalanan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com