Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Mudik 28-30 April, Diprediksi Jadi Puncak Arus Pemudik

Kompas.com - 19/04/2022, 14:04 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat untuk menghindari perjalanan mudik pada 28-30 April 2022, sebab periode tersebut diprediksi menjadi puncak arus mudik Lebaran 2022.

"Saya mengajak masyarakat untuk menghindari puncak arus mudik pada 28, 29, dan 30 April 2022," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (18/4/2022).

Baca juga: 9 Program Mudik Lebaran Gratis 2022, Segera Lakukan Pendaftaran

Mudik 2022 didominasi kendaraan pribadi

Dalam kesempatan tersebut, Presiden juga memaparkan hasil survei Kementerian Perhubungan yang menunjukkan, akan ada sekitar 23 juta mobil dan 17 juta sepeda motor yang digunakan masyarakat untuk mudik Lebaran tahun ini.

Ditambah lagi, dikutip dari Kompas.com, Jumat (8/4/2022), hasil survei tentang potensi pemudik pada mudik Lebaran 2022 yang dilakukan oleh Badan Litbang Perhubungan (Balitbanghub) mencatat, sebanyak 40 juta orang memilih menggunakan kendaraan pribadi, dari total 79,4 juta orang yang diprediksi akan melakukan mudik.

Jumlah yang cukup besar inilah yang diprediksi akan menimbulkan kemacetan parah selama tiga hari tersebut.

Baca juga: Kemenparekraf Siapkan SE Prokes Saat Mudik, Awas Ada Tindakan Tegas

Ilustrasi mudik gratis.KOMPAS.com/GALIH PRADIPTA Ilustrasi mudik gratis.

Upaya antisipasi lonjakan pemudik 2022

Untuk mengantisipasi lonjakan pemudik tahun ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menyiapkan sejumlah langkah, termasuk penyediaan sarana dan prasarana transportasi.

Di antaranya, sebanyak 57.693 unit bus, 215 unit kapal, 38 movable bridge, 2 ponton, dan 11 plengsengan di dermaga penyeberangan, dan 327 pesawat untuk melayani 378 rute di 123 kota.

Kemenhub juga memastikan kelaikan sarana angkutan di semua moda transportasi dengan melakukan ramp check, termasuk pemeriksaan kesehatan sumber daya manusia (SDM) serta pengawasan tarif angkutannya (harga tiket).

Baca juga: Pengeluaran Wisata Saat Mudik Lebaran 2022 Diperkirakan Capai Rp 72 Triliun

Selanjutnya, untuk meningkatkan aspek keselamatan dan mengurangi jumlah pemudik yang akan menggunakan kendaraan pribadi (sepeda motor), Kemenhub turut mengadakan Program Mudik Gratis.

“Mudik tahun ini menjadi tantangan yang besar yaitu dengan animo masyarakat yang tinggi untuk melakukan mudik. Untuk itu, kami di bawah koordinasi Menko PMK (Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia), selaku koordinator penyelenggaraan mudik Lebaran, telah melakukan koordinasi yang intensif antarunsur terkait, agar terwujud mudik aman dan mudik sehat,” tutur Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dikutip dalam keterangan resmi, Rabu (6/4/2022).

Baca juga: Cara Daftar Mudik Gratis 2022 Jasa Raharja, Kemenhub, Pemkot Tangerang, Kimia Farma

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com