Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Yogyakarta Buka Gerai Vaksinasi di Malioboro Saat Libur Lebaran

Kompas.com - 22/04/2022, 18:04 WIB
Wisang Seto Pangaribowo,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta akan menyediakan gerai vaksinasi di Malioboro bagi wisatawan yang belum mendapatkan vaksin Covid-19.

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan, pemerintah sebelumnya membatasi momen mudik pada tahun 2021. Tahun ini, dengan kondisi mudik Lebaran sudah diizinkan ditambah periode libur yang cukup panjang, maka diprediksi Kota Yogyakarta akan kebanjiran wisatawan.

Untuk mengantisipasi banyaknya wisatawan yang datang ke Kota Yogyakarta sekaligus untuk mencegah penularan Covid-19, Pemkot Yogyakarta akan membuka gerai-gerai vaksinasi saat libur Lebaran 2022

Baca juga:

"Kami akan membuka gerai-gerai vaksinasi (dosis satu atau dua) dan booster. Gerai di Malioboro ada, dan di Puskesmas-puskesmas ada," kata Heroe, Jumat (22/4/2022).

Dia mengungkapan bahwa sebenarnya waktu terbaik pemberian vaksin atau booster adalah saat ini, sehingga pada waktu libur Lebaran kekebalan tubuh sudah terbentuk.

"Di gerai-gerai vaksin disiapkan sebanyak 200 dosis," katanya.

Heroe menambahkan, menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, terjadi peningkatan pemberian vaksinasi dosis ketiga atau booster di Kota Yogyakarta.

Rinciannya, sebelum hari raya, capaian booster di kota ini baru mencapai 50 persen, sedangkan menjelang hari raya sudah meningkat sebesar 70 persen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com