Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Pertanyakan Wisata Goa Batu Cermin Labuan Bajo yang Masih Tutup, Meski Pembangunan Rampung

Kompas.com - 23/04/2022, 09:09 WIB
Nansianus Taris,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Wisata Goa Batu Cermin di Desa Batu Cermin, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, masih tutup.

Padahal, pembangunan sarana dan prasarana oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah rampung pada akhir 2021.

Pada Kamis (22/4/2022), Kompas.com mengunjungi tempat wisata itu. Pintu gerbang masuk ditutup rapat. Tempat itu tampak sepi. Tak ada aktivitas apa pun di dalam kawasan tersebut.

Baca juga: Berburu Spot Foto “Instagramble” di Goa Batu Cermin Labuan Bajo

Warga Labuan Bajo pun bertanya-tanya. Mengapa Wisata Goa Batu Cermin itu belum dibuka lagi bagi publik.

"Kalau pembangunan sarana prasarana di spot wisata Batu Cermin itu sudah selesai, mengapa tidak segera diserahkan ke Pemda Manggarai Barat, sehingga bisa dimanfaatkan publik. Ada apa ini?" kata seorang warga bernama Yos Nggarang kepada Kompas.com, Kamis.

Ia pun meminta pemerintah pusat melalui kementerian terkait agar segera menyerahkan wisata itu ke Pemda Manggarai Barat.

Sebab, spot itu merupakan wisata alam andalan Labuan Bajo. Apalagi sejak pandemi Covid-19 mereda, wisatawan banyak ke Labuan Bajo.

"Ini kan spot wisata favorit wisatawan lokal, nusantara, dan mancanegara. Apa jadinya kalau wisatawan datang, ternyata tempat ini masih tutup? Sangat disayangkan tempat ini lama mubazir. Ini kan sudah April 2022," tutur dia.

Baca juga: Asal Usul Nama Goa Batu Cermin yang Dikunjungi Jokowi

Dia juga mengingatkan kepada Pemda Manggarai Barat agar hati-hati menerima sarana dan prasarana wisata tersebut.

"Pastikan bahwa pengerjaannya berkualitas. Jangan sampai nanti, hasil kerjanya tidak bagus, akhirnya Pemda dan masyarakat Manggarai yang harus dirugikan," ujarnya.

Belum diserahkan ke Pemda Manggarai Barat

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Manggarai Barat Pius Baut mengatakan, wisata Goa Batu Cermin itu belum diserahterimakan kepada Pemda Manggarai Barat.

Foto : Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengunjungi serta menjelajahi salah satu destinasi wisata dalam kota yang rencananya akan menjadi salah satu tempat berlangsungnya rapat side event G20 yaitu Gua Batu Cermin, pada Jumat  (28/01/2022).Dokumen Kemenparekraf Foto : Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengunjungi serta menjelajahi salah satu destinasi wisata dalam kota yang rencananya akan menjadi salah satu tempat berlangsungnya rapat side event G20 yaitu Gua Batu Cermin, pada Jumat (28/01/2022).

"Sampai sekarang belum diserahkan ke Pemda. Makanya belum dibuka bagi bagi wisatawan," kata Pius saat dikonfirmasi, Kamis.

Baca juga: Goa Batu Cermin di Labuan Bajo Akan Jadi Tempat Side Event G20

Ia juga mengaku belum mengetahui penyebab sarana dan prasarana wisata tersebut belum diserahkan ke Pemda Manggarai Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com