Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tips Mudik Lebaran yang Aman, Cek Kondisi Rumah dan Kendaraan

Kompas.com - 23/04/2022, 22:06 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Sebanyak 79.4 juta orang diperkirakan akan mudik pada tahun 2022, menurut survei dari Badan Litbang Perhubungan (Balitbanghub) Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Dari angka tersebut, sekitar 40 juta pemudik diprediksi akan menggunakan kendaraan pribadi, dilansir dari Kompas.com, Selasa (19/4/2022).

Oleh sebab itu, penting bagi masyarakat untuk melakukan sejumlah persiapan, sehingga bisa tiba di kampung halaman dengan lancar dan selamat, apapun moda transportasi yang digunakan. 

Berikut Kompas.com rangkum sejumlah tips mudik aman dan sehat:

1. Cek apakah pintu rumah sudah terkunci

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo menganjurkan para pemudik untuk mengecek kondisi rumah. 

"Yang pertama, pastikan rumah ditinggal mudik dalam keadaan terkunci," kata Dedi, dikutip dari Antara, Sabtu (23/4/2022).

Selain memastikan rumah telah terkunci, salah satu cara guna memastikan kondisi di rumah tetap aman adalah dengan memasang sistem keamanan.

Dilaporkan oleh Kompas.com, Jumat (22/4/2022), beberapa jenis alat elektronik yang bisa jadi bagian dari sistem keamanan rumah adalah lampu eksterior yang bisa mendeteksi gerakan, kamera pengawas, serta sensor pintu dan jendela. 

Baca juga: 40 Juta Orang Diprediksi Naik Kendaraan Pribadi Saat Mudik 2022

2. Informasikan tetangga atau kerabat 

Pemudik disarankan untuk menginformasikan rencana mudik ke tetangga atau kerabat yang tidak mudik tahun ini. Sehingga, jika ada insiden tertentu, para pemudik bisa langsung dikabari. 

Tidak hanya itu, Dedi juga menyarankan pemudik untuk menginformasikan kepulangan mereka kepada Bhabinkabtibmas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) untuk didata. 

3. Bawa barang secukupnya

Ilustrasi mudik gratis.KOMPAS.com/GALIH PRADIPTA Ilustrasi mudik gratis.

Bagi masyarakat yang akan menggunakan kendaraan umum, salah satunya bus, mereka sebaiknya membawa barang secukupnya. Hindari bawa barang berharga yang berlebihan. 

Mungkin ada pemudik yang ingin membawa buah tangan untuk sanak saudara di kampung, tapi harap diperhatikan bahwa barang-barang tersebut harus dalam pengawasan agar tidak hilang. Jika barang terlalu banyak, maka akan lebih sulit untuk mengawasinya. 

Baca juga: 12 Tips Aman Mudik Naik Bus Lebaran 2022 Bebas Copet

4. Lakukan vaksinasi Covid-19

Masyarakat yang berencana mudik diimbau untuk mendapat vaksin Covid-19, guna memastikan adanya kekebalan terhadap virus tersebut. 

Mereka juga sebaiknya melengkapi vaksinasi hingga dosis ketiga atau booster. 

5. Cek kondisi kendaraan 

Bila pulang ke kampung halaman naik mobil pribadi, pemudik wajib memeriksa kondisi kendaraan terlebih dahulu. Calon pemudik bisa mengecek kondisi mesin, bagian rem, ban, aki, dan pelumas mobil. 

Dilansir dari Kompas.com, Kamis (21/4/2022), bawa juga sejumlah peralatan, antara lain dongkrak, obeng, tang, dan kunci pas, untuk berjaga-jaga jika mobil membutuhkan perawatan di tengah jalan. 

Baca juga: 5 Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Mudik Naik Mobil Pribadi

Halaman:
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com