Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjil Genap dan One Way di Tol Trans-Jawa Mulai Senin 25 April 2022, Ini Jadwal dan Lokasinya

Kompas.com - 25/04/2022, 11:06 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah melakukan uji coba rekayasa lalu lintas ganjil genap di ruas Jalan Tol Trans-Jawa mulai 25 April hingga 27 April 2022.

Uji coba ganjil genap ini merupakan kesepakatan Korlantas Polri, Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub, BPJT Kemen PUPR, dan BUJT, demi keselamatan, keamanan, dan kelancaran masyarakat saat mudik Lebaran 2022.

Sebagai informasi, sebelum diterapkan tiga rekayasa lalu lintas (contra flow, ganjil genap, dan one way) pada 28 April, mulai hari ini Senin (25/4/2022) akan diadakan uji coba ganjil genap di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Baca juga:

Uji coba ganjil genap di Tol Trans-Jawa

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru menjelaskan, jadwal dan lokasi pelaksanaan yang telah ditentukan dimulai di Jalan Tol Jakarta-Cikampek Km 47 (Karawang Barat).

Selain itu, ia menambahkan bahwa sesuai yang disampaikan kepolisian, jika terjadi kepadatan, maka akan dilakukan diskresi Kepolisian dengan rekayasa lalu lintas contra flow atau lawan arus.

Lalu bila kepadatan melebihi batas maksimal masih terjadi, maka akan diterapkan rekayasa lalu lintas one way atau satu arah. 

"Jasa Marga siap mendukung uji coba pelaksanaan rekayasa lalu lintas ini dengan menyiagakan petugas, perambuan, dan menyampaikan informasi melalui Dynamic Message Sign (DMS) untuk memastikan perjalanan pengguna jalan tetap aman,” ujar Heru dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Senin (25/4/2022).

Baca juga: Apa Itu Sistem Ganjil Genap yang Berlaku di Tol Cikampek Mulai Senin 25 April 2022?

Adapun uji coba rekayasa lalu lintas dilakukan sebagai tahap awal sosialisasi kepada masyarakat, sekaligus evaluasi efektivitas pelaksanaan ganjil genap dan contra flow, sebelum diterapkan pada puncak arus mudik 28 April 2022. 

Jadwal dan lokasi uji coba ganjil genap di Tol Trans-Jawa

Berikut jadwal lengkap pelaksanaan uji coba ganjil genap di Jalan Tol Trans-Jawa:

  • Senin, 25 April 2022. Pukul 11.00-13.00 WIB

Dimulai dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek Km 47 (Karawang Barat) sampai dengan GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek Km 70

  • Selasa, 26 April 2022. Pukul 11.00-13.00 WIB

Dimulai dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek Km 47 (Karawang Barat) sampai dengan GT Palimanan Utama Jalan Tol Cipali Km 188

  • Rabu, 27 April 2022. Pukul 10.00-17.00 WIB

Dimulai dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek Km 47 (Karawang Barat) sampai dengan GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang Km 414

Baca juga: 5 Fasilitas di Rest Area KM 86 Tol Cipali Jelang Mudik Lebaran 2022

Lebih lanjut, Heru mengatakan pihaknya memohon maaf atas ketidaknyamanan pengendara akibat pelaksanaan rekayasa lalu lintas.

"Kami imbau masyarakat dapat mematuhi peraturan dan arahan petugas di lapangan. Sebagai alternatif selama pelaksanaan ganjil genap, masyarakat dapat menggunakan jalan nasional atau keluar GT terdekat sebelum lokasi pemberlakuan ganjil genap," papar Heru.

Ganjil Genap hingga One Way mudik 2022 di Tol Trans-Jawa

Sebagai informasi, pemerintah dan kepolisian berencana melakukan tiga rekayasa lalu lintas (contra flow, ganjil genap, dan one way) di Tol Trans-Jawa pada 28 April hingga 1 Mei 2022.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com