Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei Google: Minat Turis Asing Wisata ke Indonesia Naik 94 Persen

Kompas.com - 26/04/2022, 19:06 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Minat wisatawan mancanegara (wisman) untuk berkunjung ke Indonesia dinilai meningkat cukup tinggi, khususnya sejak dicabutnya kebijakan pembatasan perjalanan dan karantina pada Maret 2022.

Dihapusnya pembatasan perjalanan ini terjadi karena situasi pandemi Covid-19 yang dinilai semakin terkendali, serta tingkat vaksinasi yang tinggi di banyak negara, termasuk di Indonesia.

Oleh karena itu, banyak negara yang berupaya memulihkan sektor pariwisata mereka yang sebelumnya sempat terpuruk selama dua tahun.

Menurut analisis penelusuran Google terkait perjalanan wisata, sejak dicabutnya kebijakan pembatasan perjalanan pada Maret lalu, minat wisman datang ke Indonesia naik hingga 94 persen dibandingkan saat sebelum pandemi.

Baca juga:

Hal ini disampaikan oleh Asia Pacific Travel Lead for Google, Hermione Joye, pada diskusi Southeast Asia Travel Roundtable secara virtual, Selasa (26/4/2022).

Angka 94 persen tersebut, menurutnyam sangatlah tinggi, apabila dibandingkan dengan tahun 2020 dan 2021.

Ilustrasi wisatawan yang datang ke destinasi wisata di Bali.PIXABAY/PEGGY_MARCO Ilustrasi wisatawan yang datang ke destinasi wisata di Bali.

Dari data yang sama, ditemukan bahwa pandemi Covid-19 menghantam industri pariwisata di negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Bahkan, kunjungan wisman diketahui menurun hingga 82 persen pada 2020 dan 98 persen pada 2021.

Lebih lanjut, menurut Hermione, secara keseluruhan, permintaan untuk berwisata baru mulai membaik pada kuartal keempat tahun 2021. Kemudian, angka ini melesat naik pada kuartal pertama tahun 2022.

Selain minat kunjungan wisman ke Indonesia yang naik 94 persen, negara di Asia Tenggara lainnya yang mencatat kenaikan tinggi adalah Filipina dengan angka 118 persen.

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com