Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Lebaran, Gunungkidul Targetkan Kedatangan 150.000 Pengunjung

Kompas.com - 27/04/2022, 15:06 WIB
Markus Yuwono,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Dinas Pariwisata Gunungkidul, DI Yogyakarta menargetkan kunjungan wisata selama libur Lebaran mencapai sebanyak 154.403 orang.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Mohammad Arif Aldian mengatakan, sesuai dengan ketetapan Pemerintah Pusat, libur berlaku mulai 29 April hingga 8 Mei mendatang.

"Selama libur lebaran menargetkan kunjungan sebanyak 154.403 wisatawan. Dengan total pendapatan retribusi mencapai sekitar Rp 1,2 miliar," kata Arif saat dihubungi melalui telepon Rabu (27/04/2022).

Baca juga: Hari Raya Idul Fitri, Wisata Keraton Yogyakarta Tutup 3 Hari

Meski mematok target kunjungan, Arif menyampaikan, untuk libur lebaran tahun ini pihaknya tidak menggelar atraksi hiburan kepada wisatawan. Sebab, kondisi dianggap masih belum sepenuhnya terbebas dari pandemi.

Selain itu, meski aktivitas sudah mulai diperlonggar, namun penerapan protokol kesehatan di area wisata tetap dilaksanakan secara ketat.

Pihaknya bersama instansi lainnya akan berusaha mengajak pengunjung untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Sesuai dengan status PPKM Level Dua, maka kapasitas kunjungan maksimal sebanyak 75 persen dari jumlah kujungan di waktu normal," kata Arif.

Baca juga:

Untuk pengawasan protokol kesehatan, Dinas Pariwisata Gunungkidul sudah menjalin kerja sama dengan TNI-Polri hingga petugas SAR di kawasan pantai.

"Mulai dar TPR kami sudah menyiapkan layanan aplikasi Peduli Lindungi untuk pengunjung," kata Arif.

Kepala Satpol PP Gunungkidul Edy Basuki mengatakan untuk kesiapan menyambut libur lebaran sebanyak 99 personil SAR satlinmas wilayah I dan II Gunungkidul disiagakan.

"Seluruh petugas sudah siap menghadapi libur lebaran," kata Edy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com