Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Utama Nontol Jawa Timur Magetan-Probolinggo yang Harus Diwaspadai Pemudik

Kompas.com - 30/04/2022, 09:09 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com – Jelang Hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada Senin (2/1/2022), masyarakat mulai berbondong-bondong mudik ke kampung halaman.

Kompas.com, Rabu (24/4/2022) memberitakan bahwa diprediksi terdapat puluhan juta kendaraan pribadi yang akan mudik dari Jakarta ke arah timur.

“Diprediksi kurang lebih ada 23 juta kendaraan roda empat pribadi dan 17 juta kendaraan roda dua yang akan mengarah ke wilayah timur,” kata Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Rabu.

Baca juga: Kondisi Jalan Utama Nontol Jawa Timur Magetan-Lumajang Saat Mudik 2022

Adapun saat ini memang ada Tol Trans Jawa yang membentang sampai Probolinggo, Jawa Timur. Namun, bukan berarti jalan utama nontol tidak dilewati pemudik. Sebagian masyarakat, terutama pengendara sepeda motor masih akan melaluinya.

Kompas.com sempat menjajal jalur mudik dari Kota Solo-Lumajang via Magetan-Madiun-Nganjuk-Jombang-Mojokerto-Pasuruan-Porbolinggo pada Rabu (27/4/2022).

Jalan utama nontol Magetan-Probolinggo yang harus diwaspadai

Berikut Kompas.com rangkum ruas jalan utama nontol Jawa Timur dari Magetan sampai Probolinggo yang harus diwaspadai pemudik.

1. Ruas jalan Caruban-Nganjuk

Usai Caruban, pemudik harus mewaspadai jalan yang akan dilaluinya. Itu karena jalan menyempit dari empat ruas menjadi dua ruas.

Jalan menyempit usai Caruban, Jawa Timur, April 2022.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Jalan menyempit usai Caruban, Jawa Timur, April 2022.

Pemudik pun tidak bisa terlalu leluasa saat hendak menyalip kendaraan yang melaju di depannya. Mereka harus menyalip melalui sisi berlawanan.

Baca juga: 13 Pantai dengan Sunset Terindah di Jawa Timur

Pastikan kondisi sisi berlawanan sedang sepi saat menyalip. Pastikan pula menyalip di jalan dengan marka putus-putus, bukan di marka lurus.

2. Ruas jalan lingkar Jombang

Saat melintasi Kota Jombang, kendaraan yang hanya melintas akan diarahkan melewati jalan lingkar, termasuk bus dan truk besar.

Baca juga: Rute dan Harga Tiket Masuk Wana Wisata Sumber Biru Jombang

Pemudik harus mewaspadai jalan lingkar itu karena cukup ramai aktivitas masyarakat sebab lokasinya dekat pusat kota. Ada pula beberapa lampu lalu-lintas yang kerap menyebabkan macet.

3. Ruas jalan Jombang-Mojokerto

Berbeda dari ruas jalan Caruban-Nganjuk yang perlu diwaspadai karena penyempitan jalan. Ruas jalan Jombang-Mojokerto cukup luas karena terdiri dari 4 ruas.

Jalan di Mojokerto korlantas.polri.go.id Jalan di Mojokerto

Namun, kondisi jalan utama Jombang-Mojokerto tidak rata dan bergelombang. Di beberapa titik bahkan terdapat lubang. Pengendara motor sangat mungkin melindas lubang jalan itu yang seolah muncul mendadak saat berkendara di belakang truk.

4. Ruas jalan Gempol-Pasuruan (Bundaran Nusa Dua)

Setibanya di Gempol, pemudik yang hendak ke Probolinggo akan melewati jalan Gempol-Pasuruan via Bundaran Nusa Dua.

Jalan utama Gempol-Pasuruan.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Jalan utama Gempol-Pasuruan.

Ruas jalan ini kembali menyempit dan terdiri dari dua ruas jalan saja. Pemudik pun harus berhati-hati saat hendak menyalip kendaraan di depannya.

Baca juga: Kabupaten Pasuruan Berencana Buat Sabuk Wisata, Apa Itu?

Selan empat ruas jalan tersebut, secara umum kondisi jalan cukup baik, yakni cukup luas dan mulus ketika dilalui.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com