Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

30 Ucapan Idul Fitri untuk Orangtua yang Penuh Makna dan Islami

Kompas.com - 01/05/2022, 20:31 WIB
Desi Intan Sari,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Menyambut Lebaran 2022, orang-orang mulai berbondong-bondong memberi ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri kepada sanak saudara, orangtua, dan kawan terdekat. 

Mengucapkan selamat Idul Fitri kepada orang lain menurut Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Islan (UIN) Jakarta Deden Mauli Darajat merupakan hal yang bisa diartikan sebagai ungkapan kegembiraan umat Islam. 

"Makna ucapan Lebaran adalah perayaan kegembiraan, sekaligus doa untuk umat muslim yang merayakannya," ujar Deden saat dihubungi Kompas.com pada Sabtu (23/05/2020).

Baca juga: 30 Ucapan Selamat Idul Fitri 2022 dalam Bahasa Inggris yang Singkat

Tak semua orang berkesempatan pulang ke kampung halaman untuk bertemu orangtua dan sanak saudara. Bagi mereka, berkirim pesan bisa menjadi salah satu cara untuk bersilahturahmi sekaligus meminta maaf.

Biasanya, ucapan selamat Idul Fitri untuk orangtua cenderung menggunakan bahasa yang lebih sopan daripada ucapan untuk teman, serta lebih bermakna.

Ucapan selamat Idul Fitri 2022 untuk orangtua

Berikut ini Kompas.com akan membagikan ucapan selamat Idul Fitri untuk orangtua yang Islami dan penuh makna:

1. Taqabbalallaahu minna wa minkum, taqabbal ya karim. Wa ja’alanallaahu wa iyyakum minal aidin wal faizin wal maqbulin, kullu ‘ammin wa antum bi khair.

(Semoga Allah SWT menerima amal ibadah Ramadhan saya dan kamu, wahai Allah Yang Maha Mulia, terimalah. Dan semoga Allah SWT menjadikan saya dan kamu termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang, serta diterima amal ibadah. Setiap tahun semoga kita senantiasa dalam kebaikan). 

2. Taqabbalallaahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum, kullu ‘ammin wa antum bi khair.

(Semoga Allah SWT menerima puasa saya dan kamu, dan setiap tahun semoga kita senantiasa dalam kebaikan).

Baca juga: Takbir Idul Fitri dan Idul Adha: Bacaan, Makna, dan Perbedaannya

3. Ayah, ibu, memang raga kita tak bertemu, namun hati kita selalu menyatu. Mohon maaf atas segala khilaf dan tingkah laku. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, mohon maaf lahir dan batin. 

4. Meski wajah tak mampu berjumpa, tangan tak bisa saling menjabat, semoga tulisan ini mampu menjadi jembatan silahturahmi kita pada hari penuh kemenangan ini, ayah dan ibu. Taqabbalallaahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum, kullu ‘ammin wa antum bi khair.

5. Dalam beningnya hati, ada secuil benih prasangka. Dalam santunnya ucapan, ada kalanya khilaf tak sengaja. Dengan kerendahan hati, mohon maaf atas segala kesalahanku. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, mohon maaf lahir dan batin. 

Baca juga: Cerita WNI Berpuasa di New York AS, Durasi Puasa Bisa Berubah-ubah

6. Semoga pada hari yang fitri ini, dosa kita semua dilebur dan kita menjadi suci kembali. Bila ada kata-kata khilaf dan perbuatan yang membekas luka, semoga ayah dan ibu mau memaafkan. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

7. Biarlah kenangan manis dan pahit di hari lalu tersusun rapi dalam renung hati. Kini, kita buka lembaran baru dan membasuh segala kesalahan. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, mohon maaf lahir dan batin.

Silaturahmi saat Lebaran merupakan salah satu momen yang paling dinantikanPexels/ Mentatdgt Silaturahmi saat Lebaran merupakan salah satu momen yang paling dinantikan

8. Dengan cahaya bulan baru, Ramadhan yang mulia akhirnya berakhir. Semoga Allah SWT melimpahkan taufik-Nya kepada kita untuk bisa mengaplikasikan semua pelajaran yang Ramadhan hadirkan di hari-hari kita selanjutnya. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, ayah dan ibu.

9. Selamat Hari Raya Idul Fitri, ayah dan ibu. Bila mulut salah berucap, mata salah menatap, kaki salah melangkah, dan diri salah bertindak, mohon dibukakan pintu maaf untukku.

10. Salah kata pernah terucap, salah sikap pernah terungkap, namun kembali fitrah selalu diharap. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, ayah dan ibu. Mohon maaf lahir dan batin. 

Baca juga: Cerita WNI Berpuasa di Kota Torun Polandia, Durasi Puasa hingga 18 Jam

11. Di hari kemenangan ini, setiap jiwa kembali suci. Semoga kita termasuk orang yang berlapang dada menerima untaian kata maaf. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat Idul Fitri 1443 H. 

12. Kalbu tak pernah memberhala atau menghantui dan dari sanalah maaf yang asli berada. Selamat hari raya idul fitri 1443 H. Mohon maaf lahir dan batin.

13. Semoga ayah dan ibu menemukaan jutaan alasan untuk hidup lebih indah hari ini. Semoga kemeriahan Lebaran akan berlipat ganda dan tetap bersamamu selamanya. Selamat Lebaran, mohon maaf lahir dan batin. 

14. Allaahu akbar… Allaahu akbar… Allaahu akbar… Laa ilaaha illallaahu wallaahu akbar ... Allaahu akbar walillaahil hamdt.

Lantunan indah suara takbir telah berkumandang, sudah saatnya kita mengucapkan mohon maaf lahir dan batin.

15. Ucapan maaf memang tidak akan mengubah masa lalu, tapi mengubah masa depan. Izinkan saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022. Mohon maaf lahir dan batin.

Baca juga: Cerita Puasa di Mekkah, Ada Tradisi Bergadang hingga Sahur 

16. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Taqabbalallaahu minna wa minkum. Semoga kita masih diberikan kesempatan untuk bertemu dengan Ramadhan dan Idul Fitri tahun depan. 

17. Beberapa kata dapat terucapkan, beberapa perasaan dapat dibiarkan terpendam, Tapi sebuah kesalahan tidak akan pernah terlupakan. Di hari yang suci ini, mohon maafkan segala khilafku. Selamat merayakan hari lebaran, ayah dan ibu.

18. Ramadhan telah berlalu, fajar kemenangan telah menyambut. Membawa sinar terang kedamaian dan kesucian. Menebarkan berkah di Idul Fitri yang suci. Selamat Idul Fitri 1443 H. Mohon maaf lahir dan batin.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com