Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rute dan Harga Tiket Dusun Semilir Semarang Saat Libur Lebaran 2022

Kompas.com - 05/05/2022, 13:07 WIB
Desi Intan Sari,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Semarang, Jawa Tengah, punya tempat wisata unik bernama Dusun Semilir yang menawarkan berbagai wahana dan spot foto. 

Bangunan utama di Dusun Semilir, sekaligus yang menjadi salah satu daya tarik pengunjung, adalah kubah yang didesain mirip Candi Borobudur. 

Kemudian, ada juga wahana berupa perosotoan raksasa warna-warni yang panjangnya mencapai 120 meter dengan tinggi 40 meter. 

Para pemudik dari Jakarta bisa mampir ke Dusun Semilir karena lokasinya cukup dekat dari exit Tol Bawean. 

General Manajer Dusun Semilir Ajris Sufata mengatakan, jika keluar dari exit Tol Bawean, melajulah secara pelan agar bisa dengan mudah menemukan bangunan Dusun Semilir. Jarak dari exit Tol Bawean ke Dusun Semilir sekitar 300 meter. 

Baca juga: 

Adapun alamat lengkap Dusun Semilir adalah Jalan Soekarno-Hatta Nomor 49, Ngemple, Bawen, Ngemplak, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

"Dusun Semilir punya konsep tempat wisata ini memang beragam, mulai wisata air, wisata permainan, wisata foto, wisata makanan, dan lain-lain," kata Ajris kepada Kompas.com, Sabtu (29/4/2022). 

“Pengunjung bisa memilih berbagai aktivitas, mulai dari jual beli, belanja, seni dan budaya, olahraga, permainan outdoor. Bonusnya adalah bisa berwisata,” tambahnya. 

Rute ke Dusun Semilir, bisa naik kendaraan umum

Dusun Semilir berlokasi di tepi jalan nasional, maka pengunjung bisa menuju ke Dusun Semilir dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.  

"Mulai bus Trans Jateng, bus Antar Kota dalam maupun Antar Propinsi, hingga transportasi lokal melintas dan bisa berhenti di gerbang Dusun Semilir," ujar Ajris. 

Jika wisatawan dari Kota Semarang, jaraknya ke Dusun Semilir adalah 38 kilometer (km) dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. 

Salah satu rute tercepat bisa melewati jalan tol. Pertama-tama, ambil rute lewat Jalan Tol Srondol - Jatingaleh, lalu lanjut ke Jalan Tol Tembalang-Ungaran dan Jalan Tol Semarang - Solo, kemudian lanjutkan perjalanan ke Jalan Tol Ungaran-Bawen di Bawen.

Keluar dari Jalan Tol Ungaran - Bawen, wisatawan tinggal menuju ke Jalan Semarang - Surakarta, dan ikuti jalan ke arah Ngemple. Nantinya, dalam beberapa ratus meter bangunan Dusun Semilir akan terlihat.

Baca juga: Rute dan Harga Tiket Masuk Dusun Semilir Eco Park yang “Instagramable”

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com