Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Aktivitas di BT Batik Trusmi, Belanja Oleh-oleh hingga Kulineran

Kompas.com - 05/05/2022, 18:02 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

CIREBON, KOMPAS.com - Bila berkunjung ke Kota Udang, belanja oleh-oleh khas Cirebon menjadi salah satu aktivitas wajib sebelum pulang ke rumah.

Selain batik motif Megamendung yang ikonik, wisatawan juga bisa membeli mendunia, hingga terasi udang.

Salah satu sentra oleh-oleh yang bisa menjadi tujuan adalah BT Batik Trusmi, yang berlokasi di Jalan Trusmi No.148, Weru Lor, Kecamatan Plered, Cirebon.

Baca juga: 7 Oleh-oleh Khas Cirebon Selain Batik Megamendung

Selain belanja oleh-oleh khas Cirebon, kamu juga bisa melakukan aktivitas lain di sana, seperti kulineran, melihat proses pembuatan batik, atau menikmati suasana kampung Batik Trusmi.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, Jumat (29/04/2022), berikut aktivitas yang bisa kamu lakukan di sentra oleh-oleh BT Batik Trusmi.

1. Belanja oleh-oleh khas Cirebon

Aneka oleh-oleh khas CirebonKompas.com/Wasti Samaria Simangunsong Aneka oleh-oleh khas Cirebon

Pusat perbelanjaan seluas sekitar 2,5 hektare itu menyajikan oleh-oleh khas Cirebon yang cukup lengkap, mulai dari Rp 10.000 untuk produk makanan ringan. Namun, kamu juga bisa menemukan sejumlah produk premium, seperti batik tulis premium, seharga hingga Rp 5,9 juta.

Jika mencari oleh-oleh batik, kamu bisa menemukan batik Megamendung dengan berbagai warna, mulai dari warna cerah seperti hijau muda dan merah muda, hingga warna gelap seperti biru tua.

Baca juga: 10 Motif Batik Terpopuler serta Filosofinya, dari Kawung sampai Megamendung

Menariknya, jika membeli sehelai kain batik tulis premium, masing-masing motif hanya dicetak untuk satu helai kain saja.

"Harga batik tulis premium mulai dari Rp 1,8 juta. Ini limited edition, jadi cuma satu-satu, enggak ada yang sama," tutur Sally Giovanny, pemilik BT Batik Trusmi, Jumat.

Sally menambahkan, untuk mengeluarkan motif batik baru, Sally memberi jeda waktu sekitar tiga bulan. Motif yang dikeluarkan berupa motif kontemporer, gabungan antara motif tradisional Cirebon dengan motif batik modern.

Sedangkan untuk oleh-oleh camilan, BT Batik Trusmi juga menyediakan aneka kudapan khas Cirebon, termasuk sirup tjampolay, siwang atau terasi bawang, kerupuk seblak, ikan bandeng kemasan, sambal terasi, dan masih banyak lagi.

"Rekomendasi oleh-oleh biasanya pada beli terasi, ada bawang goreng Bu Ras, ada sirop pisang susu Tjampolay juga, ada gapit, kerupuk seblak, sampai teh upet," kata Lili, staf BT Trusmi, Jumat.

2. Belajar melukis batik

Belajar melukis batik Cirebon di BT Batik TrusmiKompas.com/Wasti Samaria Simangunsong Belajar melukis batik Cirebon di BT Batik Trusmi

Penasaran dengan proses pembuatan batik? Dengan membayar Rp 30.000, pengunjung sudah bisa mendapat sehelai kain putih yang telah digambar motif batik menggunakan pensil.

Nantinya, pengunjung akan diajak membatik dengan canting dan lilin oleh beberapa orang pekerja BT Batik Trusmi. Hasilnya pun bisa dibawa pulang sebagai kenang-kenangan.

Baca juga: Delegasi G20 Belajar Membatik di Kampung Batik Giriloyo Yogyakarta

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com