Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Punya Fitur Baru, Bisa Cari Wisata, Hotel, dan Penerbangan

Kompas.com - 06/05/2022, 11:05 WIB
Ulfa Arieza ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google menambah fitur baru yakni Google Travel yang akan membantu wisatawan menemukan beragam kebutuhan perjalanannya. 

Dilansir dari Travel and Leisure, Jumat (6/5/2022), pengguna bisa langsung mengunjungi tautan google.com/travel untuk memanfaatkan fitur baru Google Travel.

Selanjutnya, wisatawan bisa mencari beragam fitur berkaitan dengan perjalanan, seperti rekomendasi tempat wisata, penerbangan, dan hotel.

Soal fitur hotel misalnya, Juru Bicara Google mengatakan bahwa wisatawan hanya perlu memasukkan landmark (penunjuk) atau destinasi wisata. Selanjutnya, mesin pencari akan menampilkan hotel terdekat dengan lokasi tersebut.   

Pengguna juga dapat memilih properti hotel yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki atau berkendara dalam 15 hingga 30 menit.  

Tidak hanya itu, wisatawan dapat mempersempit pencarian akomodasi dengan memilih preferensi, misalnya hotel dengan fasilitas kolam renang, spa, layanan ramah keluarga atau hewan peliharaan, dan sarapan gratis. 

Baca juga:

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, setidaknya ada enam layanan dalam fitur Google Travel. Meliputi perjalanan (travel), jelajah (explore), rekomendasi (things to do), pesawat (flights), hotel, dan rental akomodasi (vacation rentals)

  •  

Fitur baru Google Traveltangkapan layar Fitur baru Google Travel Fitur baru Google Travel

1. Perjalanan (travel)

Laman ini merupakan tampilan utama dari Google Travel. Pengguna bisa mencari informasi mengenai destinasi wisata, pesawat, hotel, dan rental akomodasi langsung dari laman ini. 

Selain itu, wisatawan akan mendapatkan rekomendasi perjalanan berdasarkan histori pencarian mereka di Google.   

2. Jelajah (explore

Mengutip situs web Google, layanan ini membantu wisatawan dalam menjelajahi sejumlah kemungkinan destinasi wisata. 

“Fitur jelajahi memungkinkan Anda menelusuri lokasi di seluruh dunia dengan filter, seperti anggaran perjalanan atau lama perjalanan,” tulis Google. 

Pada layanan jelajah, pengguna tinggal menuliskan lokasinya. Selanjutnya, ada sejumlah filter yang dapat digunakan untuk menemukan destinasi yang tepat. 

Meliputi kelas perjalanan yang diinginkan, perkiraan waktu perjalanan, transit, moda transportasi, minat wisata, harga, maskapai penerbangan, durasi, dan bagasi. 

3. Rekomendasi (things to do)

Fitur ini akan memberikan rekomendasi tempat wisata bagi wisatawan. Kamu hanya perlu mengisi kota tujuan atau jenis destinasi yang diinginkan. 

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com