Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desa Wisata Golo Loni NTT Tawarkan Paket Memancing Ikan di Sawah

Kompas.com - 07/05/2022, 11:05 WIB
Markus Makur,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

BORONG, KOMPAS.com - Desa Wisata Golo Loni di Kecamatan Ranamese, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), menawarkan paket wisata memancing ikan air tawar di tambak milik warga di area persawahan.

Hal ini dijelaskan Kepala Desa Wisata Golo Loni, Yohanes Berchmans Okalung kepada Kompas.com pada Kamis (5/5/2022).

Menurut Okalung, potensi ikan air tawar di tambak milik warga cukup besar. Saat ini tercatat 78 warga yang memiliki tambak ikan yang sebagian besar berlokasi di area persawahan.

Baca juga:

"Ini cara Pemerintah Desa Golo Loni supaya ekonomi masyarakat sedikit terbantu. Budidaya ikan air tawar ini juga merupakan upaya penyediaan asupan gizi bagi anak-anak di Desa Golo Loni agar terpenuhi dan bebas stunting," jelasnya.

Ia menambahkan, fasilitas yang ditawarkan dalam paket wisata memancing ini adalah persewaan alat pancing, serta makan siang dengan menu ikan bakar dan ikan hasil tangkapan pengunjung yang selanjutnya ditimbang dan dibeli.

Yang menarik, selain memancing ikan, pengunjung juga dapat memancing katak di area persawahan warga.

Paket wisata memancing ikan air tawar di Desa wisata Golo Loni, Kecamatan Ranamese, Kab. Manggarai Timur, NTT, Kamis, (5/5/2022). (KOMPAS.com/DOK KADES GOLO LONI, YOHANES BERCMANS OKALUNG)KOMPAS.com/DOK KADES GOLO LONI-YOHANES BERCMANS OKALUNG Paket wisata memancing ikan air tawar di Desa wisata Golo Loni, Kecamatan Ranamese, Kab. Manggarai Timur, NTT, Kamis, (5/5/2022). (KOMPAS.com/DOK KADES GOLO LONI, YOHANES BERCMANS OKALUNG)

Okalung menjelaskan, untuk mencapai lokasi pemancingan, pengunjung dapat masuk melalui kampung adat di Desa Golo Loni dengan akses jalan beraspal. Sesampainya di lahan parkir, pengunjung dapat berjalan kaki melewati persawahan warga.

"Spot memancing ini merupakan bagian dari paket agrowisata selain wisata Tirta dan wisata pengamatan burung di kawasan Desa Wisata Golo Loni," ujarnya.

Baca juga:

Ia mengatakan bahwa ada wisatawan lokal dari Kota Borong dan Kota Ruteng yang sudah membeli paket wisata memancing ikan air tawar. 

Wisatawan tersebut kemudian membakar ikan hasil tangkapannya, dibantu oleh pemandu wisata Desa Golo Loni.

"Saya ajak wisatawan dari mana saja untuk membeli paket perjalanan wisata di Desa wisata Golo Loni. Alam yang indah dengan persawahan sistem terasering menambah pengetahuan wisatawan tentang sistem pertanian orang Manggarai Timur," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com