Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korea Selatan Rayakan Hari Orangtua pada 8 Mei, Apa Itu?

Kompas.com - 09/05/2022, 12:24 WIB
Ulfa Arieza ,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Korea Selatan merayakan hari orangtua pada 8 Mei setiap tahunnya. Peringatan hari orangtua merupakan momentum bagi masyarakat Negeri Ginseng untuk menghormati jasa ibu dan ayah. 

Hari orangtua dalam bahasa Korsel disebut sebagai obeoi nal. Dikutip Kompas.com dari Time, mulanya masyarakat Korsel menetapkan 8 Mei sebagai hari ibu sejak 1930-an. Namun, pada 1973, mereka mengubahnya menjadi hari orang tua. 

Sejak saat itulah, warga Korsel memberikan penghormatan kepada ibu dan ayah secara bersamaan pada hari orang tua. 

Baca juga: Warga Korea Selatan Tetap Pakai Masker Meski Aturan Dilonggarkan

Apa itu hari orangtua di Korea Selatan? 

Hari orangtua di Korea Selatan diperingati untuk menghormati perjuangan serta jasa ibu dan ayah yang telah membesar anak-anaknya dengan penuh kasih sayang.

Mengutip portal Layanan Informasi dan Kebudayaan Korea dari Pemerintah Korea, Korea.net, pada hari tersebut, anak-anak di Korsel menghabiskan waktu bersama orangtua sepanjang hari. Jadi, hari orangtua juga kerap disebut sebagai hari keluarga. 

Baca juga:

Anak-anak yang sudah mempunyai penghasilan biasanya memberikan hadiah istimewa kepada orangtuanya. Ada tiga hadiah favorit untuk hari orangtua, yakni uang saku, pemeriksaan kesehatan, dan paket liburan. 

Warga Korea Selatan menganggap Mei sebagai bulan keluarga. Sebab, pada bulan kelima ini, masyarakat Korsel memperingati tiga hari penting. 

Tiga hari tersebut meliputi peringatan hari anak pada 5 Mei, hari orang tua pada 8 Mei, dan hari guru pada 15 Mei. Peringatan tersebut merupakan hari-hari istimewa bagi masyarakat Korsel. 

Tradisi pada Hari Orangtua 

Ada sejumlah tradisi yang dilakukan masyarakat Korea Selatan untuk memperingati hari orangtua, yakni:  

1. Memberikan bunga anyelir 

Bunga anyelir, diberikan kepada orang tua pada hari orang tua di Korea SelatanShutterstock Bunga anyelir, diberikan kepada orang tua pada hari orang tua di Korea Selatan

Pada hari orangtua, anak-anak memberikan bunga anyelir atau carnation kepada para orangtuanya, seperti dikutip dari situs The Korea Herald.

Sejumlah tempat akan dipenuhi dengan penjual bunga anyelir segar berwarna-warni. Salah satunya adalah Pusat Pasar Bunga Yangjae di Seocho-gu, Seoul bagian selatan. 

Tempat ini merupakan pasar grosir bunga terbesar di Seoul yang berisi sekitar 430. Lokasinya di dekat Stasiun Yangjae Citizen Forest, yang berjarak sekitar dua menit berkendara dari Stasiun kereta bawah tanah Yangjae.

Baca juga: Wisata ke Korea Selatan, Ketahui 5 Hal Ini

Ada 220 toko yang menjual bunga anyelir. Seikat anyelir berisi sekitar 20 batang dengan harga rata-rata sekitar 9.300 won, setara Rp 105.000.  

Selain pada peringatan hari orangtua, anyelir juga diberikan kepada para guru pada hari guru setiap 15 Mei.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com