Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih dari 1 Juta Wisatawan Kunjungi Sleman Saat Libur Lebaran 2022

Kompas.com - 12/05/2022, 20:06 WIB
Wijaya Kusuma,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah kunjungan wisatawan ke tempat wisata di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pada 29 April - 8 Mei 2022 pukul 15.00 WIB tercatat sebanyak lebih dari satu juta wisatawan, dengan tempat wisata kuliner yang menjadi favorit.

"Tingkat kunjungan kita 1.058.889 wisatawan yang tersebar di beberapa destinasi wisata yang ada di Sleman," ujar Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa dalam jumpa pers, Kamis (12/05/2022).

Danang menyampaikan, jumlah kunjungan terbanyak tercatat ada di tempat wisata kuliner. Kemudian disusul wisata alam, wisata buatan, dan wisata budaya.

Baca juga:

"Kita bangga UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah), produk-produk rumahan UMKM kita masyarakat juga tersenyum karena laku, kuliner juga mulai laku. Sehingga harapan kita ini akan terus meningkat, data dari provinsi uang yang beredar terkait dengan kunjungan wisata ini di Sleman sekitar 1,3 T (triliun)," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Suparmono menambahkan, tempat wisata kuliner menjadi favorit kunjungan di Kabupaten Sleman, dengan jumlah kunjungan sebesar 470.592 kunjungan atau 44,44 persen.

"Sebagian besar pemudik memiliki kenangan yang bisa dibagi dengan keluarganya terkait kuliner yang dinikmatinya selama berkuliah atau tinggal di Kabupaten Sleman," jelas Suparmono dalam keterangan tertulis.

Bunker Kaliadem.TRIBUN JATENG/GALIH PERMADI Bunker Kaliadem.

Tempat wisata alam mendapat kunjungan sebesar 276.617 atau 26,12 persen. Selanjutnya, tempat wisata buatan manusia sebesar 169.052 kunjungan atau 15,96 persen, dan tempat wisata budaya sebesar 142.628 kunjungan atau 13,47 persen.

"Jip lereng Merapi masih menjadi primadona wisatawan. Tercatat tidak kurang dari 85.052 wisatawan (atau) 30,76 persen menggunakan jip untuk menikmati keindahan kawasan Kaliurang dan Kaliadem," tuturnya.

Kawasan Kaliadem, dengan berbagai tempat wisata yang ada, seperti Bunker Kaliadem, Petilasan Mbah Maridjan dan Batu Alien, menjadi tempat wisata pilihan bagi wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Sleman sebesar 24,82 persen.

Baca juga:

Candi Prambanan dan Kraton Ratu Boko tercatat sebanyak 7.000 sampai lebih dari 20.000 kunjungan.

"Kunjungan ke Candi Ijo dan Candi Sambisari juga menunjukkan kenaikan sampai dengan 20 persen dibandingkan kunjungan pada hari-hari biasa," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com