Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Tiket Lintang Cetho Park, Wisata Alam Baru untuk Libur Panjang 

Kompas.com - 14/05/2022, 13:04 WIB
Ulfa Arieza ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Akhir pekan ini, masyarakat Indonesia bisa menikmati libur panjang alias long weekend karena ada peringatan Hari Raya Waisak 2566 Buddhist Era (BE) pada Senin (16/5/2022), sehingga akan ada tiga hari libur. 

Nah, jika kamu berada di Jawa Tengah dan sekitarnya serta ingin menikmati wisata alam, maka bisa mengunjungi Lintang Cetho Park.

Tempat wisata baru ini berada di kawasan lereng Gunung Lawu sisi utara, tepatnya di wilayah Karanganyar, Jawa Tengah. Owner Representative Lintang Cetho Park Emiko mengatakan, tempat wisata ini mempunyai sejumlah fasilitas bertema alam. 

“Konsep kami disini adalah mengangkat wisata alam, wellness tourism (wisata kebugaran), dan one stop leisure destination,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (11/5/2022).

Iko, sapaan akrabnya, menjelaskan bahwa nama Lintang Cetho Park terinspirasi dari ikon wisata di daerah tersebut, yakni Candi Cetho. Candi bercorak Hindu ini, merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit yang telah ditetapkan sebagai cagar budaya. 

Lokasi  Lintang Cetho Park hanya berjarak dua kilometer, atau lima menit perjalanan dari Candi Cetho. 

“Jadi, lokasi kami tepat di bawah Candi Cetho,” ujarnya.

Baca juga:

Fasilitas keliling kebun teh naik VW di Lintang Cetho Park, Karanganyar, Jawa TengahDok. Lintang Cetho Park Fasilitas keliling kebun teh naik VW di Lintang Cetho Park, Karanganyar, Jawa Tengah

Wisatawan yang berkunjung ke Lintang Cetho Park bisa berkeliling ke obyek wisata di sekitar menggunakan mobil klasik Volkswagen (VW) dan jeep.  

Dalam perjalanan, wisatawan akan diajak singgah ke sejumlah tempat wisata sesuai dengan rute yang dipilih, termasuk kebun teh Kemuning dan Candi Cetho. Selanjutnya, titik akhir perjalanan tersebut adalah Lintang Cetho Park. 

Setelah berkeliling sembari menikmati udara lereng Gunung Lawu, wisatawan akan kembali disuguhkan dengan beragam pemandangan di Lintang Cetho Park. 

Sejumlah fasilitas wisata menarik di Lintang Cetho Park adalah spot foto dengan latar belakang Gunung Lawu, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan hamparan kebun teh. 

Kemudian, ada taman 1.000 bunga serta tanaman herbal, wisata petik buah stroberi langsung dari pohonnya, restoran yang dilengkapi dengan rooftop, taman kelinci, dan taman burung.  

“Jadi, pengunjung tidak sekadar melihat satu view (pemandangan) saja, tapi banyak view. Ada Gunung Lawu, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, hamparan danau, dan waduk di Solo Raya, kemudian view sekitarnya yang berwarna hijau bak permadani,” terangnya. 

Baca juga: Pendaki Gunung Lawu via Karanganyar Wajib Pakai Sepatu Gunung

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com