Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukit Porong di Manggarai Barat NTT Menangkan Creative Tourism Award 2022

Kompas.com - 14/05/2022, 19:07 WIB
Markus Makur,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

GOLOWELU, KOMPAS.com - Creative Tourism Award 2022 merupakan salah satu ajang tingkat nasional yang diselenggarakan MarkPlus Tourism, Indonesia Association , dan Gabungan Industri Pariwisata Indonesia.

Penghargaan ini merupakan apresiasi terhadap pengelola destinasi yang mampu berinovasi dengan berbagai aktivitas kreatif untuk membagkitkan kembali sektor pariwisata indonesia.

Ada tiga kategori dalam penghargaan ini, yakni:

  • Creative Tourism Award 2022 "Kategori Digital"
  • Creative Tourism Award 2022 "Kategori Youth"
  • Creative Tourism Award 2022 "Kategori SDGs"

Baca juga: Desa Wisata Liang Ndara di Labuan Bajo, Bisa Amati Burung Endemik

Adapun penilaian terhadap tempat-tempat wisata mulai dilakukan pada tanggal 9 sampai 13 Mei 2022.

Bukit Porong di Manggarai Barat, NTT jadi pemenang

Kabar baik datang pada salah satu daya tarik wisata baru di Labuan Bajo, yaitu Bukit Porong yang memenangkan Creative Tourism Destination Award (CTDA) 2022 Kategori Youth.

Hal ini menjadi pencapaian dan kebanggan terbesar yang diraih oleh pengelola Bukit Porong pada tahun 2022 setelah meraih penghargaan 300 besar pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Baca juga: Lama Tinggal Wisatawan di Labuan Bajo NTT Turun Jadi 3 Hari

Ketua Pokdarwis Bukit Porong, Desa Coal, Kecamatan Kuwus, Manggarai Barat, NTT bernama Rhony Sumarno mendapat kabar dari tim panitia pada Jumat (13/5/2022) dan diundang untuk hadir secara langsung di Atrium Kota Kasablanka Mall, Jakarta.

Undangan juga ditujukan kepada Pius Baut, Kepala Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat.

Penghargaan akan diserahkan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dan Founder & Executive Chairman of MarkPlus Hermawan Karta Jaya.

Baca juga: Pertunjukan Tari 29 Jam Non-setop di Waterfront City Labuan Bajo

"Kegiatan ini dalam rangka meriahkan Jakarta Marketing Week 2022 dan Road to World Tourism Day: Creative Tourism Destination Award 2022," ujar Sumarno.

Seputar Bukit Porong di Manggarai Barat, NTT

Ia menjelaskan, ukit porong merupakan daya tarik wisata yang diinovasikan oleh sekelompok anak muda yang bangkit dari pandemi Covid-19 pada tahun 2020.

Keindahan bukit Porong, Desa Coal, Kecamatan Kuwus, Kab. Manggarai Barat, NTT, Sabtu, (14/5/2022). (KOMPAS.com/KETUA POKDARWIS DESA COAL-RHONY SUMARNO)KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Keindahan bukit Porong, Desa Coal, Kecamatan Kuwus, Kab. Manggarai Barat, NTT, Sabtu, (14/5/2022). (KOMPAS.com/KETUA POKDARWIS DESA COAL-RHONY SUMARNO)

"Saat pandemi Covid19 mengglobal, sekelompok pemuda di Desa Coal tetap kreatif dan inovasi dengan menata kawasan bukit porong dijadikan obyek wisata alam. Sekelompok pemuda di pedalaman Manggarai Barat tetang bangkit," jelasnya.

Dari sisi nama, lanjut Sumarno, Bukit (golo) Porong. Porong diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, melihat, memandang dan menonton. Jadi golo (bukit) porong, adalah bukit melihat, memandang dan menonton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com