Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Wisata Alam di Semarang, Cocok untuk Libur Panjang 

Kompas.com - Diperbarui 16/10/2022, 09:44 WIB
Ulfa Arieza ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Semarang, Jawa Tengah mempunyai banyak tempat wisata alam. Saat libur panjang, akhir pekan, dan long weekend, mengunjungi tempat wisata alam di Semarang bisa jadi pilihan untuk disinggahi. 

Wisata alam itu meliputi wisata gunung, dataran tinggi, danau, wisata edukasi bertema alam, air terjun, hingga pantai. Lokasinya tersebar di kota maupun kabupaten Semarang. 

Berikut 15 wisata alam Semarang yang cocok untuk libur panjang.

Baca juga: 25 Tempat Wisata di Semarang, Mulai dari Alam Sampai Sejarah

Tempat wisata alam di Semarang

1. Kampoeng Kopi Banaran

Kampoeng Kopi Banaran merupakan wisata alam terintegrasi di Kabupaten Semarang. Wisatawan bisa menikmati panorama alam, menjelajah kebun kopi, menikmati kegiatan outdoor, makan di restoran, dan camping

Mengutip Kompas.com (08/04/2022), tempat wisata ini dikelilingi panorama tujuh gunung. Ada Gunung Merbabu, Sindoro, Sumbing, Andong, Ungaran, Telomoyo, dan Ungaran. 

Coffe Camp bagi yang ingin berkemah di perkebunan kopi, kawasan Kampoeng Kopi Banaran, salah satu wisata alam Semarang yang menarik untuk dikunjungi.Dok. Kampoeng Kopi Banaran Coffe Camp bagi yang ingin berkemah di perkebunan kopi, kawasan Kampoeng Kopi Banaran, salah satu wisata alam Semarang yang menarik untuk dikunjungi.

Selain itu, wisatawan yang berkunjung bisa menikmati pemandangan langsung ke Rawa Pening. 

Kampoeng Kopi Banaran menawarkan fasilitas lengkap, mulai dari kebun kopi, penginapan, restoran, fasilitas pertemuan, camping, arena bermain anak, jogging track, kolam renang, gazebo, mushala, offroad, kereta wisata, dan lainnya.

Baca juga: Panduan Wisata di Kampoeng Kopi Banaran Kabupaten Semarang, Aktivitas, Tarif, dan Rute 

Kampoeng Kopi Banaran terletak di Area Perkebunan Kopi Kebun Getas Afdeling Assinan. Lokasinya cukup strategis di pinggir Jalan Raya Semarang-Solo Km 35.

Meski terletak di tengah kota, Kampoeng Kopi Banaran berada di ketinggian ketinggian 480-600 meter di atas permukaan laut (mdpl) sehingga memiliki suhu udara sejuk antara 23 sampai 27 derajat Celcius. 

2. Rawa Pening

Rawa Pening adalah danau alami yang memiliki luas sekitar 2.670 hektar. Danau ini berada di empat wilayah kecamatan di Kabupaten Semarang, yaitu Kecamatan Bawen, Kecamatan Ambarawa, Kecamatan Tuntang, dan Kecamatan Banyubiru. 

Bukit Cinta Rawa Pening, salah satu wisata alam Semarang yang menarik untuk dikunjungi.Kementerian PUPR Bukit Cinta Rawa Pening, salah satu wisata alam Semarang yang menarik untuk dikunjungi.

Mengutip Kompas.com (27/12/2021), dari lokasi danau, wisatawan bisa menikmati pemandangan  Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran. 

Selain itu, Rawa Pening memiliki banyak spot foto Instagramable, antara lain jembatan panjang di atas rawa dan patung naga besar.

Baca juga: Bukit Cinta Rawa Pening yang Instagramable di Kabupaten Semarang

Patung naga berukuran besar itu, menggambarkan wujud naga dalam legenda asal usul Rawa Pening, yakni Baru Klinthing.

Lokasi Rawa Pening cukup strategis karena berada di pinggir jalan utama, sehingga cocok menghabiskan waktu libur panjang. 

3. Taman Bunga Celosia Bandungan

Sesuai namanya, obyek wisata ini dipenuhi dengan beragam bunga warna-warni, seperti dikutip dari Tribun Travel (23/12/2021). Selain bunga celosia, terdapat jenis bunga lainnya seperti lavender dan krisan.

Taman Bunga Celosia Bandungan, salah satu wisata alam Semarang yang menarik untuk dikunjungi.Shutterstock Taman Bunga Celosia Bandungan, salah satu wisata alam Semarang yang menarik untuk dikunjungi.

Taman Bunga Celosia menghadirkan banyak spot foto Instagramable, seperti rumah hobbit, balon udara, Rural Japanese, White Marine Park, New Little Korea, Little Amsterdam, dan taman lampion.

Taman Bunga Celosia juga menyediakan Cafe Garden Celosia yang dapat digunakan wisatawan untuk bersantai sembari menikmati pemandangan dari ketinggian. 

Baca juga: Wisata Andalan Baru di Bandungan Kabupaten Semarang, Wahana Tangkap Ikan Koi

Obyek wisata ini berada di kaki Gunung Ungaran sehingga udaranya masih sejuk. Lokasinya berada di Jalan Wisata Candi Gedong Songo km 0,5, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com