Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Covid-19 Melandai, Masyarakat Aceh Ramai Bikin Paspor untuk Wisata

Kompas.com - 25/05/2022, 18:06 WIB
Masriadi ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com -  Kantor Imigrasi Kelas II Lhokseumawe, Provinsi Aceh, mencatat peningkatan minat warga membuat paspor untuk keperluan wisata, seiring dengan terkendalinya kasus pandemi Covid-19 di Tanah Air.

Selain itu, syarat perjalanan sudah dilonggarkan dan sejumlah negara juga sudah menerima wisatawan asing. 

Kepala Seksi Teknologi dan Informasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II Lhokseumawe, Risky, kepada wartawan di Lhokseumawe, Rabu (25/5/2022) mengatakan, setiap hari mereka menerima permohonan pembuatan paspor 100 lembar.

"Peningkatan ini karena sejumlah negara sudah membuka diri untuk menerima wisatawan. Khusus kita, pembuat paspor keperluannya untuk wisata dan umroh,” kata Risky.

Baca juga:

Masjidil HaramShutterstock Masjidil Haram

Meski terjadi peningkatan, sambung Risky, Kantor Imigrasi belum berencana menambah jam dan hari pelayanan. Namun, jika permintaan terus meningkat, tidak tertutup kemungkinan durasi pelayanan akan ditambah.

Untuk permohonan paspor prioritas, lanjutnya, diberikan kepala kelompok rentan, seperti pemohon lanjut usia, ibu hamil, orang sakit, anak berusia di bawah lima tahun, dan pemohon dengan kebutuhan khusus. Pembuatan paspor selesai dalam waktu tiga hari kerja.

“Agar mudah silakan lewat aplikasi M-Paspor. Sehingga bisa menyesuaikan hari dan jadwal sendiri untuk pembuatan paspor di Imigrasi,” sebutnya.

Setelah pengisian data dan pembayaran lewat bank atau kantor pos, barulah warga datang ke kantor Imigrasi untuk pengambilan foto.

“Ini lebih praktis, sehingga tak perlu antre berlama-lama," pungkasnya.

Baca juga:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com