Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanjung Benoa Bali Jadi Kampung Pertama Siaga Tsunami UNESCO

Kompas.com - 28/05/2022, 19:03 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tanjung Benoa di Kabupaten Badung, Bali, menjadi daerah pertama di Indonesia yang terverifikasi sebagai Komunitas Siaga Bencana Tsunami (Tsunami Ready Community), oleh Komisi Oseanografi Antar-Pemerintah (IOC) UNESCO.

"Tanjung Benoa ini adalah komunitas di Indonesia yang pertama kali mendapatkan pengakuan internasional UNESCO-IOC sebagai Komunitas Siaga Tsunami," kata Kepala Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Indonesia, Dwikorita Karnawati, dalam keterangan resmi yang Kompas.com terima, Sabtu (28/5/2022).

Sementara itu, menurut Koordinator Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono, program Siaga Tsunami (Tsunami Ready) ini merupakan program peningkatan kapasitas masyarakat dalam menghadapi ancaman tsunami dengan berbasis pada 12 indikator yang telah ditetapkan UNESCO-IOC.

Baca juga:

Menyiapkan masyarakat Tanjung Benoa sebagai Tsunami Ready Community, lanjutnya, adalah langkah yang tepat, sebab hampir seluruh wilayahnya dikelilingi lautan dan berhadapan dengan zona Megathrust Selatan Bali.

"Zona Megathrust Selatan Bali diketahui sebagai sumber gempa bumi potensi tsunami yang memiliki magnitudo maksimum 8,5," papar Daryono.

7 hotel di Tanjung Benoa siapkan tempat evakuasi tsunami vertikal

Wisatawan saat bermain parasailing di Pantai Tanjung BenoaKOMPAS.com/SRI LESTARI Wisatawan saat bermain parasailing di Pantai Tanjung Benoa

Melalui dampingan BMKG, Kelurahan Tanjung Benoa telah memiliki Peta Bahaya Tsunami agar masyarakat memahami zonasi bahaya tsunami di wilayahnya.

Sebanyak tujuh hotel di wilayah Tanjung Benoa, meliputi Peninsula Bay Resort, Benoa Sea Suites Villas, Grand Mirage Resort, Ion Bali Benoa, Rasa Sayang, Novotel, dan The Sakala Resort, telah menyiapkan tempat evakuasi tsunami vertikal yang dapat digunakan oleh tamu dan masyarakat sekitar.

Selain itu, Tanjung Benoa juga telah melibatkan sekolah guna melatih siswa dalam melakukan simulasi gempa bumi dan tsunami secara rutin.

Baca juga:

Papan rambu arah dan peta evakuasi tsunami telah terpasang melalui kerja bersama BMKG, BPBD Provinsi Bali dan Kabupaten Badung, serta organisasi internasional UNDP.

Adapun Tanjung Benoa telah dikenal sebagai salah satu tempat wisata air di selatan Pulau Dewata. Lokasinya berdampingan dengan kawasan wisata Nusa Dua. 

Dilaporkan oleh Kompas.com, Rabu (29/7/2020), wisatawan yang mengunjungi Pantai Tanjung Benoa bisa menjajal aneka olahraga air, di antaranya diving dan parasailing. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com