Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesona Pantai Plengkung di Banyuwangi, Tempat Gelaran WSL 2022

Kompas.com - 30/05/2022, 07:07 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ajang World Surfing League (WSL) Championship Tour (CT) G-Land Pro 2022 resmi digelar di Pantai Plengkung (G-Land), Banyuwangi, Jawa Timur pada 28 Mei - 6 Juni 2022.

Perhelatan ini diyakini akan mampu mengangkat citra pariwisata Indonesia di kancah internasional, khususnya bagi kabupaten yang dijuluki Sunrise of Java tersebut.

Baca juga: Itinerary Wisata 2 Hari di Banyuwangi, Kawah Ijen sampai Pulau Tabuhan

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, jutaan pasang mata yang menyaksikan perhelatan tersebut akan melihat keindahan pantai dan ombak di G-Land yang berada di Taman Nasional Alas Purwo, termasuk orang-orang yang menyaksikan dari streaming platform.

“WSL sudah menjadi salah satu sport tourism liga selancar paling bergengsi di dunia dengan social engagement tertinggi ketiga untuk ajang olahraga, mengalahkan MotoGP yang berada di posisi sembilan," ujar Sandiaga, mengutip keterangan resmi, Minggu (29/05/2022).

Baca juga: Rekomendasi 6 Pantai di Banyuwangi, Ada Spot Surfing Kelas Dunia

Ia juga berharap agar penyelenggaraan WSL dapat membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Sebab, menurutnya, sport tourism seperti selancar menjadi pariwisata yang berkualitas karena durasi kunjungan lebih lama dan quality of spending (jumlah biaya yang dikeluarkan) yang juga tinggi. 

Surga bagi pecinta selancar

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa Pantai Plengkung memiliki spot ombak yang "garang" bagi para peselancar kelas dunia, melansir Kompas.com (02/01/2019).

Pantai Plengkung di Banyuwangi, Jawa Timur. Dok. Kemenparekraf Pantai Plengkung di Banyuwangi, Jawa Timur.

Bahkan, pantai yang dikenal dengan nama G-Land ini diakui sebagai spot berselancar terbaik di Asia Tenggara dan dianggap sebagai surga bagi para pencinta selancar sejak tahun 1970-an.

Kepala Balai Taman Nasional Alas Purwo, Nuryadi mengatakan bahwa tinggi ombak di G-Land bisa mencapai 1-2 meter, bahkan sampai di atas 5 meter.

"Rata-rata yang datang untuk surfing ya wisatawan asing. Kalau yang domestik banyak yang memilih ke Pantai Pancur atau di Savana Sadengan," katanya, mengutip Kompas.com.

Baca juga: Mengenal Liga Selancar Dunia yang Diadakan di Pantai Plengkung Banyuwangi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com