Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggapi Keluhan Wisatawan, Pemda Akan Bangun Fasilitas di Pintu Masuk Air Terjun Cunca Wulang

Kompas.com - 30/05/2022, 18:06 WIB
Nansianus Taris,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, NTT, akan membangun fasilitas wisata, seperti toilet di pintu masuk Air Terjun Cunca Wulang, Desa Cunca Wulang, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kepala Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat Pius Baut menjelaskan, pihaknya akan pelan-pelan membangun fasilitas publik agar wisatawan makin nyaman.

Baca juga: Air Terjun Cunca Wulang Labuan Bajo Kembali Dibuka bagi Wisatawan

"Kita sudah ajukan anggaran pembangunan toilet di Cunca Wulang pada APBD perubahan tahun ini. Kalau diakomodasi, berarti pembangunanya bisa tahun ini," kata dia kepada Kompas.com, Senin (30/5/2022).

Keluhan wisatawan soal toilet di Cunca Wulang

Ia mengaku bahwa benar adanya keluhan wisatawan terkait tidak adanya fasilitas toilet di pintu masuk spot wisata alam tersebut.

Sebenarnya, sambung dia, sudah dibangun toilet untuk para wisatawan yang terletak di pos masuk lama.

"Pasca-kasus tenggelamnya wisatawan, kita pindah pos masuk dari Kampung Werasawe ke jalan pas mau masuk air terjun memang. Ini karena masih baru. Jadi, kita pelan-pelan benahi infrastruktur pendukungnya. Pelan-pelan, tidak bisa sekaligus," ujar Pius.

Baca juga: Daya Tarik Baru Air Terjun Cunca Wulang Labuan Bajo, Ada Sungai Bawah Tanah

Sementara itu, Ketua Pokdarwis Dewa Cunca Wulang, Feliks Janggu, menyambut baik rencana pembangunan fasilitas umum khusus toilet di tempat wisata tersebut.

Menurutnya, toilet umum di tempat wisata sangat penting bagi kenyamanan wisatawan yang datang berkunjung.

Air Terjun Cunca Wulang di Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Air Terjun Cunca Wulang di Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

"Baru-baru ada wisatawan datang dan keluhkan soal ini, sehingga kalau pemerintah ada rencana bangun toilet, tentu kami dukung. Semoga segera terealisasi demi kenyamanan bersama," ujar Feliks kepada Kompas.com, Senin.

Ia menambahkan, Air Terjun Cunca Wulang merupakan salah satu wisata alam terfavorit di Labuan Bajo.

Baca juga: Air Terjun Cunca Wulang, Ditemukan oleh Nenek Moyang yang Cari Air Saat Kemarau

Pelayanan dan fasilitas wisata pun sangat perlu ditingkatkan. Salah satunya sarana prasarana pendukung seperti toilet umum, wajib ada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com