Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perjalanan Bukit Porong NTT Menangkan Creative Tourism Award 2022

Kompas.com - 03/06/2022, 17:05 WIB
Markus Makur,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

GOLOWELU, KOMPAS.com - Bukit Porong di Desa coal, Kecamatan Kuwus, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) sukses menangkan Creative Tourist Award 2022 kategori Youth.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Bukit Porong Rhony Sumarno (27) mengisahkan perjalanan tempat wisata yang pihaknya kelola itu hingga memenangkan penghargaan tersebut.

Pria lulusan program studi Destinasi Pariwisata dengan sertifikasi sebagai Konsultan Perencanaan Pengembangan Destinasi Pariwisata itu mengisahkan bahwa ia mulai mengidentifikasi potensi wisata Desa Coal pada Maret 2020.

Baca juga: Bukit Porong di Manggarai Barat NTT Menangkan Creative Tourism Award 2022

Anak muda setempat kemudian membentuk wadah organisasi yang bergerak dibidang kepariwisataan.

Wadah Organisasi yang terbentuk pada 10 Juni 2020 itu dinamakan Ikatan Pemuda Kreatif based on tourism (IPKBT).

Tujuan terbentuknya organisasi yaitu mengubah mindset anak muda agar berani menciptakan ide serta gagasan kreatif, inovatif dan diimplementasikan secara nyata.

Mereka kemudian mulai memanfaatkan potensi bukit menjadi spot wisata swafoto yang dinamakan Bukit Porong. Porong artinya melihat, menyaksikan, menonton, atau harapan.

Bukit Porong menawarkan latar pemandangan alam, air terjun, sungai di lembah perbukitan, hamparan sawah hijau dan keindahan matahari terbit.

Sumarno melanjutkan, organisasi kepemudaan ini mulai diperkuat dengan terbentuknya Lembaga Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dinamakan Pokdarwis Bukit Porong. Lembaga ini terbentuk pada 16 Maret 2021 dan dikukuhkan secara resmi oleh Pemerintah Desa Coal.

"Pokdarwis Bukit Porong memiliki sistem pengelolaan kelembagaan yang baik karena tupoksi dan program kerja yang diimplementasikan berdasarkan kelompok kerja," kata dia kepada Kompas.com melalui WhatsApp.

Baca juga: Kreativitas Pemuda Desa Bangun Wisata Bukit Porong NTT yang Sukses Menangi Penghargaan

Ia melanjutkan bahwa pada 2021, Pokdarwis Bukit Porong berhasil meraih 300 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI). Pada 2022, Pengelola Bukit Porong berhasil memenangkan penghargaan Creative Tourism Destination Award 2022 kategori Youth.

"Kategori Youth, penghargaan diberikan kepada destinasi yang berhasil menyediakan wadah bagi anak muda untuk berkontribusi nyata dalam penciptaan dan pengembangan destinasi pariwisata kreatif, baik melalui pemberian ide, kerangka kerja strategis, hingga implementasi," tutur Sumarno.

Ia melanjutkan, kriteria penilaian diambil dari kelembagaan, program kerja, konsep dan strategi, ide, serta gagasan kreatif dan Promosi.

Kolaborasi dengan Pemda dan travel ageng Australia

Dalam perjalanannya, Pokdarwis Bukit Porong juga berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat melalui Program Fasilitasi Masyarakat Desa Wisata (FASMADEWI) 2022. Program ini berjalan selama 10 bulan (01 Maret-Desember 2022).

Pokdarwis Bukit Porong pun melakukan promosi skala internasional setelah berkolaborasi dengan salah satu travel agent yaitu Adventure Travel Trades Association (ATTA), Australia.

Seorang penari sedang membawakan Tarian Dewa Matahari dari Bukit Porong Tedeng di Desa Wisata Coal, Manggarai Barat, NTT ANTARA/Fransiska Mariana Nuka Seorang penari sedang membawakan Tarian Dewa Matahari dari Bukit Porong Tedeng di Desa Wisata Coal, Manggarai Barat, NTT

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com