Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Aare, Berikut 8 Sungai Terpanjang di Swiss

Kompas.com - 06/06/2022, 07:07 WIB
Ulfa Arieza ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sungai Aare merupakan sungai terpanjang di Swiss yang membentang hingga 295 kilometer (km). Sungai yang berasal dari Pegunungan Alpen ini memiliki daya tarik air yang berwarna biru tosca. 

Setelah melintasi di beberapa kota dan danau, sungai yang juga dikenal sebagai Sungai Aar ini, bermuara di Sungai Rhine. Selain Sungai Aare, Swiss memiliki sejumlah sungai lain yang tak kalah indahnya. 

Baca juga: Mengenal Sungai Aare, Sungai Terpanjang di Swiss dari Pegunungan Alpen

Berikut delapan sungai terpanjang di Swiss berdasarkan informasi yang dihimpun Kompas.com: 

1. Sungai Rhine

Sungai Rhine merupakan salah satu sungai terpanjang di Eropa mencapai 1.230 kilometer. Berdasarkan informasi dari Britannica, hulu Sungai Rhine berada di Pegunungan Alpen, Swiss. 

Sungai Rhine salah satu sungai di SwissShutterstock/Leonid Andronov Sungai Rhine salah satu sungai di Swiss

Sungai ini melintasi sejumlah negara mulai dari Swiss, Liechtenstein, Austria, Jerman, Perancis, dan bermuara di Belanda. Di Belanda, aliran Sungai Rhine terpecah menjadi sejumlah cabang yang akhirnya bermuara di Laut Utara. 

Sementara itu, Sungai Rhine di Swiss bertemu dengan Sungai Aare tepatnya di Kota Koblenz. Sungai Rhine adalah muara bagi Sungai Aare yang merupakan Sungai terpanjang di Swiss

2. Sungai Linth-Limmat

Sungai ini merupakan anak dari Sungai Aare. Mengutip dari Britannica, Sungai Linth-Limmat mengalir sepanjang 200 kilometer. Hulu sungai ini juga berasal dari gletser di Pegunungan Alpen serupa dengan Sungai Aare. Sungai Linth mengalir ke Danau Zurich. 

Sungai Limmat, salah satu sungai di SwissAndre Meier Sungai Limmat, salah satu sungai di Swiss

Dari Danau Zurich, aliran sungai ini dikenal sebagai Sungai Limmat. Aliran Sungai Limmat berlanjut ke barat laut hingga kembali bertemu dengan Sungai Aare di Kota Brugg. 

Di Kota Zurich, tersedia layanan pelayaran di Sungai Limmat bagi para wisatawan atau Limmat River Cruises. Berdasarkan informasi dari situs Zurich Tourism, Limmat River Cruises beroperasi antara April dan Oktober.

Baca juga: Apakah Boleh Berenang di Sungai Aare Swiss? Ini Aturannya

Pengunjung akan diajak menjelajahi aliran sungai sembari menikmati panorama Kota Zurich. Perjalanan ini berlangsung selama 50 menit. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com