Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pameran Seni REMEDY di Jakarta, Lihat Karya Unik yang Terinspirasi dari BTS

Kompas.com - 06/06/2022, 09:09 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pameran seni bertajuk “REMEDY” untuk merayakan ulang tahun ke-9 boyband BTS pada 13 Juni 2022, digelar oleh komunitas fans Senyum Ungu Indonesia Foundation atau Senyum ARMY.

Pada Minggu (5/6/2022), Kompas.com berkesempatan menjajal pameran seni yang diadakan di Warehouse Plaza Indonesia Lantai 5, Jakarta Pusat.

Sebelum menuju pintu masuk, pengunjung harus menukarkan tiket yang telah dipesan dengan gelang dan katalog di loket registrasi. Posisi loket tepat berada di depan lift dan terlihat mencolok dengan bangunan kotak berwarna ungu.

Baca juga: 4 Tempat Tradisional di Korea Ini Pernah Jadi Lokasi Syuting BTS

Setiap pengunjung diberi gelang penanda dengan warna berbeda sesuai slot kunjungan yang terbagi menjadi empat sesi.

Setelah mendapat gelang dan katalog, pengunjung harus melewati antrian pemeriksaan gelang dan pengecekan protokol kesehatan di pintu masuk.

Berkeliling melihat karya-karya terinspirasi dari BTS

Menempati ruangan seluas 525 meter persegi, “REMEDY” menghadirkan 11 ruangan yang menampilkan instalasi, lukisan, dan video kontemporer terinspirasi dari karya-karya BTS di album Map Of The Soul: Persona dan Map Of The Soul: 7.

Selama berada di dalam area instalasi, pengunjung diberikan waktu 2,5 jam untuk berkeliling melihat-lihat karya. Adapun tiap-tiap ruangan didesain sesuai tema dari beberapa lagu dan video klip BTS.

Mulai dari Room 1: Persona yang terinspirasi dari videoklip PERSONA. Menggambarkan kebingungan manusia sebagai makhluk sosial dengan topeng yang dipakai dan persona diri yang terus berubah karena tuntutan orang lain.

Baca juga: Jalan-jalan ala BTS, Ini 5 Pasar Unik dan Serba Murah di Seoul

Kemudian, ada Room 4: Dionysus. Terdapat lukisan karya Zeta Ranniry bergambarkan potret wajah masing-masing personel BTS yang dilukis di atas kaca. Lukisan tersebut terinspirasi dari konsep foto BTS dalam promosi lagu berjudul yang sama.

Salah satu tempat yang unik selanjutnya adalah Room 6: Black Swan. Ruangan ini menyimpan sepatu karya designer Yuul Yie yang dikenakan BTS saat menyanyikan lagu Black Swan.

Tak hanya itu, ada video tari kontemporer dari The Sisters Company dan tujuh patung rotan bersayap hitam yang terinspirasi dari konsep foto album Map Of The Soul: 7, untuk melengkapi dan mempercantik suasana.

Pameran REMEDY yang diadakan oleh Senyum ARMY untuk merayakan ulang tahun debut BTS ke-9, akan digelar pada 6 Juni sampai 4 Agustus 2022 di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat.KOMPAS.com/FIRDA JANATI Pameran REMEDY yang diadakan oleh Senyum ARMY untuk merayakan ulang tahun debut BTS ke-9, akan digelar pada 6 Juni sampai 4 Agustus 2022 di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat.

Tiba di Room 11: Mikrokosmos yang menjadi penutup perjalanan, instalasi ini menjadi representasi lagu Mikrokosmos yang diciptakan BTS untuk para ARMY, sebutan bagi penggemar mereka.

BTS menggambarkan ARMY sebagai bintang yang memiliki sinar masing-masing, kisahnya sendiri-sendiri, bertemu bintang lain, dan bersinar bersama.

Ruangan terakhir ini juga nampaknya menjadi favorit pengunjung karena dihiasi kerlap-kerlip lampu bergerak, perpaduan warna hitam, biru, oranye, pink, dan warna khas ARMY yakni ungu.

Baca juga: BTS Promosikan Wisata Seoul Lewat Seoul City TVC 2020

Adapun selama berkeliling, musik BTS terus diputar sebagai latar suara, menambah syahdu suasana di dalam pameran.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com