Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Riset: 27 Persen Populasi Muslim Dunia adalah Gen Z, Ini Gaya Wisata Mereka

Kompas.com - 08/06/2022, 17:03 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Survei Global Muslim Travel Index (GMTI) 2022 menunjukkan tingginya peningkatan populasi penduduk muslim di dunia dari tahun ke tahun. Salah satu kelompok terbesar adalah generasi z atau gen Z, yang lahir pada tahun 1996-2010.

Pada tahun ini, populasi muslim dunia yang berusia di bawah 40 tahun mencapai angka 70 persen.

Persentase tersebut terbagi menjadi tiga kelompok, yakni gen Z (lahir 1996-2010) sebanyak 27,2 persen, milenial (lahir 1981-1995) sebanyak 22,9 persen, dan gen Alfa (lahir 2011 - 2025) sebanyak 21,5 persen. Saat ketiganya digabung, membentuk 1,46 miliaar penduduk muslim di dunia.

Baca juga:

Pertumbuhan penduduk muslim di bawah usia 40 tahun juga akan berkembang cukup pesat. Dari 1,46 miliar pada tahun 2022, lalu bertumbuh menjadi 1,6 miliar pada tahun 2030.

Data riset GMTI juga mengungkapkan, populasi usia 10-19 tahun akan menjadi kelompok dengan pertumbuhan tercepat hingga tahun 2030.

Adapun kelompok usia 20-25 tahun, yang berpotensi memasuki dunia kerja dalam beberapa tahun mendatang, juga akan tumbuh pesat dari 165 juta menjadi 181 juta penduduk pada tahun 2030.

Baca juga: Apa yang Dicari Anak Muda Saat Wisata Kuliner?

Gen Z yang saat ini berusia antara 10-25 tahun memiliki sejumlah karakteristik unik dibandingkan generasi-generasi lain, yakni keakraban dengan teknologi dan kemampuan adaptasi. 

Gen Z perlu pendekatan teknologi dan media sosial

Ilustrasi wisatawan Muslim.Shutterstock/Aisylu Ahmadieva Ilustrasi wisatawan Muslim.

Adapun Gen Z sebagai generasi yang tumbuh dan akrab dengan teknologi merupakan kelompok wisatawan yang memiliki karakter realistis dan serba ingin tahu.

Mereka secara alami tertarik untuk bepergian, yang disebabkan oleh keinginan mereka untuk memuaskan rasa ingin tahu karena informasi yang terus-menerus dikonsumsi dari ponsel atau gadget mereka.

Generasi ini juga sangat mengandalkan gadget dalam menjalani kehidupan sehari-hari, bahkan sulit terlepas dari teknologi.

Baca juga: Tak Hanya Orang Tua, Anak Muda Juga Cocok Wisata dengan Kapal Pesiar

Oleh karena itu, para pelaku pariwisata ataupun pemangku kepentingan yang ingin menargetkan pasar gen Z bisa melibatkan mereka melalui berbagai platform media sosial untuk mengumpulkan perhatian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com