Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

85 Persen Turis Indonesia Pilih Jasa Travel Agent untuk Wisata Domestik

Kompas.com - 09/06/2022, 21:06 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Milieu Insight, perusahaan riset dan analisis konsumen Asia Tenggara, merilis survei rencana perjalanan domestik untuk liburan musim panas di Indonesia, Filipina, Vietnam, Malaysia, dan Thailand.

Salah satu temuan survei menunjukkan, dari lima negara, responden asal Filipina dan Indonesia memiliki keinginan tertinggi untuk melakukan perjalanan domestik.

Adapun survei Milieu Insight ini dilakukan pada April 2022 lalu, dengan jumlah responden 1.000 orang, yang masing-masing berasal dari lima negara tersebut. 

Lantas, apa saja temuan survei yang menarik lainnya? Berikut Kompas.com rangkum dari keterangan resmi yang diterima pada Kamis (9/6/2022).

Jasa travel agent kerap dipilih untuk perjalanan domestik

Meski hanya bepergian di dalam negeri, sebagian besar pelancong Asia Tenggara akan memanfaatkan jasa travel agent (agen perjalanan) untuk merencanakan perjalanan domestik dan rencana liburan mereka.

Riset menunjukkan, lebih dari 80 persen wisatawan domestik di tiga negara menyatakan kemungkinan untuk memakai jasa tersebut.

Ketiganya adalah dari Indonesia sebanyak 85 persen, Filipina 82 persen, dan Vietnam 83 persen.

Baca juga:

Para pengunjung Kompas Travel Fair 2019 memadati berbagai agen perjalanan untuk mendapatkan harga terbaik. Minggu (22/09/2019) Para pengunjung Kompas Travel Fair 2019 memadati berbagai agen perjalanan untuk mendapatkan harga terbaik. Minggu (22/09/2019)

Menurut survei, alasan para konsumen menggunakan jasa travel agent di antaranya guna mengurangi risiko kelelahan saat perjalanan, menghindari stres, dan menciptakan lebih banyak waktu luang bagi para pelancong ketika berlibur bersama orang-orang tercinta untuk pertama kalinya pascapandemi. 

Baca juga: 11 Tempat Wisata di Semarang, Cocok buat Liburan Keluarga

Perjalanan domestik untuk bertemu keluarga

Saat merencanakan liburan musim panas mendatang, sebagian besar pelancong di kelima negara tersebut memilih untuk bersantai dan terhubung kembali dengan keluarga mereka setelah dua tahun terdampak pandemi.

Persentasenya juga cukup tinggi, yakni Filipina sebanyak 83 persen, Indonesia 82 persen, Vietnam 78 persen, Malaysia 81 persen, dan Thailand 70 persen.

Data tersebut juga mengungkapkan, pada April 2022, Indonesia kembali merasakan momen mudik saat Idul Fitri setelah dua tahun pembatasan.

Total 31 persen dari populasi masyarakat, menurut perkiraan Kementerian Perhubungan, melakukan perjalanan kembali ke kampung halaman dan menghabiskan waktu bersama keluarga besar mereka. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com