Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunungkidul Garap Sport Tourism, Adakan Gelaran Voli Pantai

Kompas.com - 15/06/2022, 17:44 WIB
Markus Yuwono,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) serius memaksimalkan sport tourism atau wisata olahraga untuk menarik kunjungan wisata, baik nasional mau pun internasional.

Salah satu agenda sport tourism tersebut adalah gelaran voli pantai di Pantai Sepanjang Kalurahan Kemadang, Tanjungsari, 22-26 Juni mendatang.

"Melihat alam dan objek wisata di Gunungkidul mendukung khususnya di pantai, saat ini kami fokus ke sport tourism," kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul, M. Arif Aldian saat ditemui di Pantai Sepanjang, Rabu (15/06/2022).

Baca juga: 6 Destinasi Wisata Disiapkan untuk Sport Tourism, Ada F1 di Danau Toba

Selain voli pantai, ada juga kegiatan sport tourism lain seperti panjat tebing, selancar, hingga sepak bola pantai.

Voli pantai di Pantai Sepanjang menurutnya punya peran strategis dalam memperkenalkan potensi wisata Gunungkidul. Sebab, peserta yang datang tidak hanya pemain, tetapi juga pendamping dan penonton dari berbagai propinsi.

Selain itu, momentum liburan sekolah juga diharapkan dapat mendatangkan lebih banyak pengunjung ke atraksi wisata tersebut.

"Voli Pantai tingkat nasional ini bertepatan dengan hari libur sekolah, sehingga semakin otomatis akan meningkatkan kunjungan wisata," kata dia.

Baca juga: Kuliner dan Sport Tourism Bisa Dorong Peningkatan Jumlah Turis Asing

Arif menyebut pihaknya sudah berkoordinasi dengan perhimpunan hotel dan restoran Indonesia (PHRI) untuk persiapan menyambut kedatangan wisatawan sekaligus pemain ini.

Kesiapan sumber daya manusia hingga lokasi

Ilustrasi sport tourism.DOK KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF Ilustrasi sport tourism.

Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Gunungkidul, Harry Sukmono mengatakan, sejumlah atlet nasional akan ikut dalam kejuaraan ini. Diharapkan kejuaraan tersebut tidak hanya bisa membantu mengasah kemampuan para atlet, tetapi juga sebagai sarana pengembangan sport tourism di Bumi Handayani.

"Kami juga bekerjasama dengan PHRI untuk menyediakan akses penginapan yang mudah bagi para atlet," kata Harry.

Baca juga: Usai MotoGP Mandalika, Pemerintah Siapkan Danau Toba untuk F1 H20

Untuk lapangan, tersedia empat area bekas lapangan yang pernah dipergunakan untuk turnamen bola voli pantai tingkat Asia Pasific di 2015.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta menyampaikan, pihaknya tidak menarik tarif tiket untuk menonton kejuaraan voli pantai tingkat nasional di Pantai Sepanjang agar masyarakat bisa ikut hadir.

Adapun kapasitas tribun penonton mencapai 450 orang.

"Mudah-mudahan semua bisa berjalan lancar, karena event ini sekaligus sebagai bentuk  promosi obyek wisata di Gunungkidul, serta ingin membangkitkan perekonomian nasional khususnya di Gunungkidul," kata Sunaryanta.

Baca juga: 13 Pantai di Gunungkidul Yogyakarta, Bisa Mampir Saat Libur Lebaran

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com