Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Togaraja, Tempat Wisata Baru Samosir untuk Nikmati Panorama Danau Toba

Kompas.com - 18/06/2022, 20:37 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Togaraja, tempat wisata baru di Kabupaten Samosir untuk menikmati panorama Danau Toba dari ketinggian, resmi dibuka pada Kamis (16/6/2022).

Togaraja berlokasi di Desa Partuko Naginjang atau Partungko Naginjang, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Selatan. Selain pemandangan alam, tempat wisata ini juga didukung dengan agrowisata di sepanjang jalan. 

Dilansir dari laman Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Samosir, Sabtu (18/6/2022), Desa Partuko Naginjang menjadi bagian dari 54 desa wisata yang ditetapkan Pemerintah Kabupaten Samosir.

Baca juga:

Penetapan tersebut merujuk ke Keputusan Bupati Samosir Nomor 77 Tahun 2022 tentang Penetapan Desa Wisata di Kabupaten Samosir. 

Jika dari pusat Kabupaten Samosir, maka jarak ke desa tersebut adalah 48 kilometer (km) dengan durasi perjalanan kira-kira 1 jam 40 menit. Sementara itu, dari Bandara Internasional Kualanamu, maka jaraknya mencapai lebih dari 200 km dengan waktu tempuh sekitar lima jam. 

Danau TobaWonderfulimage.id Danau Toba

Adapun Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Samosir akan membantu dari segi pembinaan dan pelatihan pengelolaan tempat wisata, serta kerja sama dengan sponsor dan penggiat pariwisata.

Baca juga:

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Samosir, Tetty Naibaho, mengimbau pihak-pihak terkait untuk mengembangkan potensi wisata. 

"Ketika kita bersama, maka kita kuat. Ketika kita bertekad, maka Desa Partuko Naginjang-Togaraja akan dikenal, dikunjungi wisatawan nusantara dan mancanegara. Pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Partuko Naginjang," tuturnya. 

Baca juga: 7 Hotel di Pinggir Danau Toba yang Ada Kolam Renang

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com