Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Staf Bandara Soekarno-Hatta Masuk 10 Besar Terbaik di Asia

Kompas.com - 20/06/2022, 15:02 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Staf Bandara Soekarno-Hatta menjadi satu dari 10 yang terbaik di Asia.

Bandara yang berlokasi di Tangerang, Banten itu meraih peringkat kesembilan untuk kategori "Best Airport Staff in Asia" versi Skytrax dalam ajang World Airport Award 2022, yang diadakan di Paris, Perancis, pada Kamis (16/06/2022).

Baca juga: 20 Bandara Terbaik di Dunia, Bandara Soekarno-Hatta Peringkat Berapa?

Posisi ini naik satu peringkat dibanding pencapaian tahun sebelumnya, yakni di peringkat ke-10 dalam daftar Best Airport Staff in Asia 2021.

“Kami sangat bersyukur di tengah tantangan hebat pandemi Covid-19 pada 2021, seluruh staf di Bandara Soekarno-Hatta dapat tetap memberikan pelayanan terbaik kepada para penumpang pesawat,” kata President Director Angkasa Pura (AP) II, Awaluddin dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Sabtu (18/06/2022).

Baca juga:

Sebagai informasi, hanya dua bandara di kawasan Asia Tenggara yang berhasil masuk daftar Best Airport Staff in Asia 2022, yakni Bandara Soekarno-Hatta di Indonesia dan Bandara Changi di Singapura.

Adapun penghargaan tersebut menggambarkan kualitas pelayanan staf dari sebuah bandara, yang dinilai dari sikap, keramahan, dan efisiensi dalam melayani.

Staf yang dimaksud mencakup semua staf frontliner di bandara, termasuk staf pelayanan pelanggan, staf imigrasi, staf keamanan, staf tenant komersial, dan staf lain yang langsung melayani pelanggan.

Lebih lanjut, staf operasional dan pelayanan AP II di Bandara Soekarno-Hatta terdiri dari staff passenger service, terminal inspection service, land transportation assistance, digital service, facility care, airport helper, golf car assistance, dan aviation security.

Baca juga:

Kemudian, ada pula staf dari maskapai yang bertugas di check-in counter, boarding lounge, dan arrival gate. Berikutnya ada staf imigrasi, Bea dan Cukai, karantina, hingga personel TNI dan Polri.

Staf di Bandara Soekarno-Hatta melayani masyarakat antara lain di Terminal 1, Terminal 2, Terminal 3, Stasiun Kereta Bandara, serta shelter Kalayang atau Skytrain di masing-masing terminal serta di stasiun. 

AP II selaku pihak yang menaungi Bandara Soekarno-Hatta menyampaikan rasa bangga dan terima kasihnya kepada seluruh frontliner yang bekerja dengan baik, untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dan juga bandara.

"Ini sungguh merupakan pencapaian yang patut disyukuri di tengah tantangan hebat pandemi COVID-19,” tutur Awaluddin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com