Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/06/2022, 10:11 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Berkemah atau camping menjadi salah satu kegiatan untuk mengisi waktu libur. Dengan camping, kita dapat melakukan banyak kegiatan di alam terbuka sehingga semakin dekat dengan alam. 

Salah satu kota yang menyediakan spot camping adalah Yogyakarta. Bukan rahasia lagi, Kota Gudeg ini memiliki kekayaan dan panorama alam indah. 

Berikut delapan tempat camping di Yogyakarta seperti dirangkum Kompas.com. Lokasi camping tak melulu di pegunungan atau perbukitan, tetapi juga di tepi waduk dan sungai. 

Baca juga: 15 Tempat Wisata Anak di Yogyakarta, Pas buat Libur Sekolah 

1. Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba merupakan gunung berapi yang sudah tidak aktif. Mengutip dari Kompas.com (26/3/2022), usia Gunung Api Purba diprediksi sekitar 60-70 juta tahun. 

Gunung Api Purba menjadi salah satu spot camping favorit di Yogyakarta. Lokasi camping atau camping ground terletak sekitar 50 meter dari puncak yang bernama Gunung Gede. 

Baca juga: 5 Wisata di Yogyakarta yang Pas Dikunjungi Saat Musim Hujan

Pemandangan Gunung Api Purba di Desa Wisata Nglanggeran, Yogyakarta (Shutterstock/Berta Alviyanto).Shutterstock/Berta Alviyanto Pemandangan Gunung Api Purba di Desa Wisata Nglanggeran, Yogyakarta (Shutterstock/Berta Alviyanto).

Gunung Api Purba memiliki ketinggian 700 mdpl, sehingga cukup ramah bagi pendaki pemula. Sekitar Gunung Api purba terdapat obyek wisata lainnya yakni Desa Wisata Nglanggeran, Embung Nglanggeran, air terjun Kedung Kandang, dan lainnya. 

Lokasi Gunung Api Purba berada di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. 

2. Waduk Sermo 

Camping tak melulu di perbukitan atau pegunungan. Kamu bisa mencoba sensasi camping di tepi waduk. Nah, salah satu lokasi camping pinggir waduk di Yogyakarta adalah Waduk Sermo. 

Baca juga: Mengenal Pameran Monumen Antroposen di Yogyakarta yang Dikunjungi Presiden Jerman

Sermo Glamour Camp di JogjakartaDok. SERMOGLAMCAMP Sermo Glamour Camp di Jogjakarta

Waduk Sermo merupakan sebuah bendungan yang berada di Dusun Sermo Lor, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Tersedia fasilitas glamour camping (glamping) di waduk ini, yakni Sermo Glamour Camp, seperti dikutip dari Kompas.com (12/5/2021). 

Selama menginap di tenda, wisatawan dapat melakukan sejumlah aktivitas di area waduk antara lain naik kayak, perahu, memancing, pesta barbeque, api unggun, dan tentunya melihat panorama sunrise dan sunset. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com