Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Wisata Subang untuk Anak dan Keluarga, Pas Buat Libur Sekolah 

Kompas.com - 28/06/2022, 17:42 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

 

KOMPAS.com - Kabupaten Subang, Jawa Barat mempunyai banyak destinasi wisata yang menarik. Selain itu, sejumlah tempat wisata Subang ramah anak, sehinga pas untuk mengisi libur sekolah.

Subang memiliki topografi pegunungan, bukit, hingga dataran rendah sehingga menawarkan banyak jenis tempat wisata. Mulai dari kebun teh, curug, taman hiburan, pemandian air panas, dan lainnya. 

Berikut, wisata Subang untuk anak dan keluarga yang cocok untuk mengisi waktu libur sekolah seperti dihimpun Kompas.com.  

Baca juga: Libur Sekolah, Masyarakat Diimbau Tetap Terapkan Protokol Kesehatan

1. Gunung Tangkuban Parahu 

Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tangkuban Parahu merupakan salah satu destinasi wisata ikonik di Jawa Barat. Berdasarkan informasi dari Kompas.com (27/6/2022), Tangkuban Parahu secara administratif berada di dua wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Subang. 

Ilustrasi Gunung Tangkuban Parahu.SHUTTERSTOCK/CANTIKUNIK Ilustrasi Gunung Tangkuban Parahu.

Daya tarik Gunung Tangkuban Parahu adalah sejumlah kawah seperti Kawah Ratu, Kawah Upas, dan Kawah Domas. Namun, pengunjung perlu berhati-hati jika mengajak anak-anak, lantaran kawah-kawah tersebut mengandung belerang. 

Gunung Tangkuban Parahu bisa menjadi alternatif wisata bersama anak-anak agar mendekatkan mereka dengan alam. Selain menikmati panorama alam, pengunjung juga bisa menjajal aktivitas outbound, melihat flora dan fauna endemik, berburu foto, dan membeli souvenir. 

Baca juga: 8 Tempat Wisata Dekat Gunung Tangkuban Parahu

2. Sari Ater Hot Spring Resort 

Sari Ater Hot Spring Resort lebih dikenal dengan nama wisata pemandian air panas Ciater. Obyek wisata ini sangat populer di kalangan wisatawan, termasuk pengunjung dari luar kota. 

Sari Ater Hot Spring Resort atau wisata pemandian air panas Ciater, SubangDok. https://subang.go.id Sari Ater Hot Spring Resort atau wisata pemandian air panas Ciater, Subang

Berdasarkan informasi dari situs Pemerintah Daerah Kabupaten Subang, wisatawan dapat menikmati pemandian air panas yang bersumber dari kawah aktif Gunung Tangkuban Parahu. Terdapat sejumlah kolam pemandian yang tersedia bagi pengunjung dari anak-anak hingga dewasa. 

Sambil berendam di pemandian air panas, wisatawan bisa menikmati sejuknya udara di kawasan seluas 30 hektar tersebut. Lokasi Sari Ater Hot Spring Resort berada di kaki Gunung Tangkuban Parahu, tepatnya Desa Ciater, Kecamatan Ciater Kabupaten Subang. 

3. Florawisata D'Castello

Daya tarik Florawisata D'Castello adalah bangunan kastil di tengah taman bunga. Mengutip Kompas.com (5/2/2022), kastil tersebut memadukan arsitektur Turki dan Belanda. 

Bangunan kastil di  Florawisata D'Castello memiliki sejumlah menara dengan kombinasi warna merah, biru, dan kuning. Di depannya, terdapat kolam air mancur yang dikelilingi beragam bunga warna-warni.

Bangunan kastil di Florawisata D'Castello Ciater, Subang Dok. Instagram Florawisata D'Castello Bangunan kastil di Florawisata D'Castello Ciater, Subang

Selain kastil, Florawisata D'Castello masih memiliki beberapa spot foto Instagramable lainnya, yakni patung Micky Mouse ukuran besar, terasering yang ditumbuhi bunga berwarna-warni, bangunan berbentuk sangkar, dan lainnya. 

Adapula wahana permainan untuk anak-anak seperti trampolin, istana balon, playground, dan sebagainya. Lokasinya berada di Jalan Palasari Dua-Babakan Gn. Nomor 16, Kec. Ciater, Kabupaten Subang. 

Baca juga: Panduan Wisata ke Florawisata D’Castello Ciater, buat Liburan Keluarga

4. Wisata balon udara Subang

Tak perlu jauh-jauh mengajak anak-anak ke Cappadocia, Turki untuk menjajal keseruan naik balon udara. Cukup datang ke Sari Ater Hotels & Resort, di Jalan Raya Sari Ater Palasari, Kecamatan Ciater, Subang.

Wisatawan dapat mencoba sensasi naik balon udara dari lokasi tersebut. Mengutip Kompas.com (9/1/2022), pengunjung  bisa menikmati pemandangan Gunung Tangkuban Perahu dari atas balon udara.

Baca juga: Harga Wisata Balon Udara di Subang, Mulai dari Rp 450.000

Atraksi balon udara dari Indonesia TerbangDok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Atraksi balon udara dari Indonesia Terbang

Tarif naik balon udara Subang sebesar Rp 450.000 per orang selama 15 menit. Terdapat paket khusus untuk dua orang yakni Rp 800.000. 

Adapula harga spesial untuk keluarga yakni Rp 1,2 juta yang meliputi dua orang dewasa dan dua anak-anak di bawah 17 tahun. Penumpang tak perlu khawatir soal keamanan, karena balon udara Subang sudah mengantongi lisensi dan sesuai dengan prosedur operasional standar (SOP). 

Demi faktor keamanan, jam operasional balon udara terbatas yakni mulai 06.00 sampai dengan 09.00 WIB. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com