Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi Tempat Wisata di Indonesia untuk Libur Sekolah

Kompas.com - 28/06/2022, 19:34 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memberikan rekomendasi beberapa tempat wisata yang dapat dikunjungi saat momen libur sekolah pada akhir Juni hingga pertengahan Juli 2022.

Selain tempat wisata favorit di Puncak, Jawa Barat, ia menyarankan masyarakat untuk menjajal destinasi unggulan lainnya.

"Berdasarkan data-data yang kita terima, ada Bali dan destinasi lain yang konsepnya personalize, localise, dan smaller in size," kata Sandiaga saat Weekly Press Briefing yang digelar secara hybrid, Senin (27/6/2022).

 

"Karena populasi Indonesia banyak di pulau Jawa, maka yang di Jawa akan berlibur sekolah di dekat lokasi mereka tinggal, sekitar 200 sampai 250 kilometer dengan berkendaraan darat sehingga mereka bisa menyikapi harga pesawat yang mahal,” tambahnya. 

Baca juga:

Tempat wisata di Pulau Jawa untuk libur sekolah

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Bagi warga Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi), Sandiaga memberi saran untuk mengunjungi tiga tempat wisata andalan, yakni Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta Utara, Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta Timur, serta Taman Margasatwa Ragunan atau Kebun Binatang Ragunan di Jakarta Selatan.

Ia melanjutkan, di sekitar Jawa Barat, masyarakat juga bisa mengunjungi beberapa tempat wisata unggulan.

Mulai dari Kota Bandung yang mendapat predikat sebagai daerah dengan wisata kuliner terbaik, hingga Kabupaten Pangandaran yang memiliki sejumlah obyek wisata alam, seperti Pantai Pangandaran, Green Canyon, dan Pantai Batu Hiu.

Ada pula Kabupaten Garut, yang menawarkan panorama alam yang Instagramable, di antaranya Kawasan Wisata Cipanas dan Pantai Santolo.

Baca juga: 10 Wisata Subang untuk Anak dan Keluarga, Pas Buat Libur Sekolah 

"Untuk di Jawa Barat, selain Puncak, opsinya adalah Garut untuk cuacanya yang juga cukup sejuk. Ada juga beberapa destinasi lain, Kuningan, bisa dicapai tidak jauh, tiga hingga empat jam sampai," ujarnya.

Tempat wisata di daerah Jawa Timur, tambahnya, antara lain Malang serta kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang tentunya sangat diminati para wisatawan.

Kemudian, di Jawa Tengah terdapat Candi Borobudur dan berbagai desa wisata, antara lain Desa Wisata Candirejo dan Desa Wisata Dieng Kulon.

Baca juga:

"Sementara di DI Yogyakarta terdapat Desa Wisata Nglanggeran sebagai salah satu desa wisata terbaik dunia 2021 yang ditetapkan oleh organisasi pariwisata dunia (UNWTO)," tuturnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com