Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Wisata di Cianjur, Banyak Tempat dengan Pemandangan Indah

Kompas.com - Diperbarui 03/01/2023, 17:40 WIB
Desi Intan Sari,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Mengunjungi tempat wisata di Cianjur bisa menjadi pilihan untuk melepas penat saat liburan atau akhir pekan.

Bukan hanya bisa mengunjungi wisata alam, wisata buatan di Cianjur juga tak kalah mengangumkan.

Baca juga: 7 Tempat Wisata Cianjur Dekat Stasiun, Bisa Main ke Taman Bunga

Berikut sejumlah tempat wisata di Cianjur yang bisa dikunjungi saat berlibur.

Tempat wisata di Cianjur

1. Istana Cipanas

Istana Cipanas merupakan salah satu Istana Kepresidenan yang terletak di Jalan Raya Cipanas Nomor 105, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat.

Pengunjung yang datang ke Istana Cipanas bisa belajar soal perjalanan kemerdekaan Indonesia.

Istana Cipanas, salah satu tempat wisata di Cianjur.Kemendikbud RI Istana Cipanas, salah satu tempat wisata di Cianjur.

Terdapat koleksi benda-benda bersejarah di dalam istana yang bisa dilihat pengunjung, dikutip dari Kompas.com (3/12/2020). 

Koleksi yang bisa dilihat di antaranya adalah dua buah lampu kristal produksi tahun 1900 dari Cekoslowakia dan lukisan-lukisan karya seniman Affandi dan Soejono D S.

Sebelum berkunjung wajib mengisi formulir pendaftaran yang ada di Instagram @istanacipanas. Paling lambat dua hari sebelum tanggal kedatangan.

Baca juga: Tingkat Okupansi Hotel di Puncak Cipanas Naik 70 Persen saat Akhir Pekan

Bisa dikunjungi dari Selasa hingga Kamis pada pukul 09.00 hingga 12.00 WIB. Istana Cipanas tutup saat hari libur nasional. 

2. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) bisa dipakai sebagai tempat berkemah sekaligus melakukan pendakian.

Tempat ini termasuk ke dalam kawasan konservasi, sehingga tidak bisa sembarangan didatangi. Pengunjung harus melakukan pendaftaran kunjungan dulu sebelum datang.

Gunung Gede Pangrango, salah satu tempat wisata di Cianjur.KOMPAS.com/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Gunung Gede Pangrango, salah satu tempat wisata di Cianjur.

Pendaftarannya bisa dilakukan secara online lewat booking.gedepangrango.org. Lokasinya ada di Jalan Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Cipanas, Kabupaten Cianjur. 

Calon pendaki diketahui hanya bisa masuk kawasan pendakian antara pukul 06.00 hingga 18.00 WIB. 

Tarif pendakian per orangnya adalah Rp 29.000 di hari kerja dan Rp 34.000 di hari libur.  Sementara untuk pelajar Rp 17.500 di hari kerja dan Rp 20.500 di hari libur. 

Baca juga: Harga Tiket dan Fasilitas Nimo Highland Bandung

Adapun untuk wisatawan asing biayanya menjadi Rp 320.000 di hari kerja, sedangkan pada hari libur menjadi Rp 470.000. Biaya tersebut sudah termasuk asuransi dan pendakian dua hari satu malam per orang.

3. Pantai Apra

Wisatawan yang berkunjung ke pantai ini bisa melakukan beragam aktivitas seru, seperti berenang, berjemur, berolahraga, menikmati pemandangan, dan melakukan kegiatan fotografi. 

Pantai Apra, salah satu tempat wisata di Cianjur.https://direktoripariwisata.id/ Pantai Apra, salah satu tempat wisata di Cianjur.

Angin di Pantai Apra yang cukup kencang membuat wisatawan bisa menerbangkan layang-layang, dikutip dari Direktori Pariwisata.

Pantai ini dianggap bersejarah karena dulu merupakan lokasi pemberontakan Angkatan Perang Rakyat Semesta (APRA) pada awal kemerdekaan Indonesia. Konon katanya ada juga benteng di kawasan ini.

Baca juga: Aktivitas, Jam Buka, dan Tiket Masuk Dago Dreampark Bandung

Selain itu, pasir pantainya juga mengandung besi dalam jumlah tinggi sehingga banyak investor yang menanamkan modalnya agar bisa mengolah pasir tersebut. Alamat Pantai Apra berada di Sindangbarang, Cianjur, Jawa Barat.

4. Karang Potong Ocean View

Karang Potong View cocok dikunjungi wisatawan yang suka berswafoto, karena tempat wisata tepi pantai ini menawarkan puluhan spot foto Instagramable

Salah satu spot foto di Karang Potong Ocean View, salah satu tempat wisata di Cianjur.Dok. Instagram @karangpotongoceanview Salah satu spot foto di Karang Potong Ocean View, salah satu tempat wisata di Cianjur.

Spot foto di tempat wisata ini termasuk bangunan ala Santorini di Yunani, balon udara, ayunan, jaring-jaring, dan rumah kaca, dikutip dari dari Kompas.com, Sabtu (11/6/2022). 

Jadwal operasionalnya di mulai pada pukul 06.00 sampai 18.00 WIB. Jam bukanya bisa diperpanjang jika pengunjungnya masih banyak. 

Baca juga: Rumah Guguk Bandung, Surganya Penggemar Anjing 

Biaya masuknya mulai dari Rp 20.000 pada hari Senin sampai Jumat (weekday), sedangkan saat akhir pekan (weekend) mulai dari Rp 25.000 per orang. Karang Potong Ocean View terletak di Sindangbarang, Cianjur, Jawa Barat.

5. Alun-alun Suryakencana TN Gede-Pangrango

Berikutnya ada Alun-alun Suryakencana yang juga masih terketak di TNGGP. Meski namanya alun-alun, areanya bukan berupa lapangan besar, melainkan berbentuk lembah datar.

Alun-alun Suryakencana, salah satu tempat wisata di Cianjur.KOMPAS.COM / VITORIO MANTALEAN Alun-alun Suryakencana, salah satu tempat wisata di Cianjur.

Luasnya mencapai 50 hektar dan dipenuhi dengan tanaman Bunga Edelweis. Selain menikmati keindahan bunga yang disebut bunga abadi itu, pengunjung juga bisa melihat daerah Bogor, Cianjur dan Sukabumi dari ketinggian.

Untuk mengunjungi tempat ini, kamu harus melakukan pendakian. Salah satu jalur tercepat adalah via Gunung Putri. 

 Baca juga: Harga Tiket Taman Wisata Bougenville Bandung dan Fasilitas Lengkapnya

Banyak pendaki yang suka berkemah di tempat ini karena saat pagi bisa melihat matahari terbit, sedangkan saat malam bisa melihat milky way.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com