Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Tempat Wisata Bandung yang Cocok Dikunjungi Saat Libur Idul Adha

Kompas.com - 09/07/2022, 13:07 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Libur Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah menjadi momentum untuk berkumpul bersama keluarga. Bandung merupakan salah satu destinasi wisata favorit karena menawarkan sejumlah tempat wisata yang cocok dikunjungi saat libur Idul Adha

Setelah shalat Id dan mengikuti proses pemotongan hewan kurban, kamu dapat mengunjungi tempat wisata Bandung bersama keluarga atau teman. Terlebih, libur Idul Adha kali ini bertepatan dengan libur sekolah. 

Berikut 15 tempat wisata Bandung yang cocok dikunjungi saat Libur Idul Adha seperti dirangkum Kompas.com. 

Baca juga: Sejarah Gedung Sate yang Kini Berusia 100 Tahun

1. Gedung Sate 

Gedung Sate merupakan salah satu ikon wisata Kota Bandung. Mengutip Kompas.com (20/1/2020), Gedung Sate dibangun pada 1924, namun masih kokoh hingga saat ini. Selain kantor Gubernur Jawa Barat, Gedung Sate menyediakan ruangan museum di lantai dasar. 

Baca juga: 5 Tempat Makan Legendaris di Sekitar Gedung Sate Bandung

Pengunjung bisa melihat berbagai macam koleksi seni seperti batu kali, batu gelas, dan baja Swedia yang digunakan untuk membangun Gedung Sate. Adapula permainan Augmented Reality (AR) bersama animasi orang Belanda dan para pekerja pembangun Gedung Sate. 

Sekitar Gedung Sate, tersedia banyak penginapan yang bisa dimanfaatkan pengunjung luar kota untuk istirahat. Selain itu, terdapat sejumlah destinasi wisata dekat Gedung Sate, seperti Alun-alun Kota Bandung, Trans Studio Bandung, Museum Geologi Bandung, dan lainnya. 

2. Jalan Braga 

Jalan Braga sudah familiar di kalangan wisatawan. Jalan ikonik ini dipenuhi dengan deretan bangunan peninggalan Belanda yang masih terjaga keaslian desainnya. 

Baca juga: 8 Tempat Ngopi Murah di Braga, Asyik Buat Nongkrong

Tampak Bunga Tabebuya Bermekaran di Jalan Braga. Iklim kemarau di Kota Bandung menjadikan Bunga Tabebuya bermekaran, hal ini menjadi daya tarik wisata di Kota Bandung.KOMPAS.COM/AGIE PERMADI Tampak Bunga Tabebuya Bermekaran di Jalan Braga. Iklim kemarau di Kota Bandung menjadikan Bunga Tabebuya bermekaran, hal ini menjadi daya tarik wisata di Kota Bandung.

Jalan Braga merupakan surga kuliner. Jadi, kamu dan keluarga bisa mengunjungi kawasan Jalan Braga untuk berjalan santai menghabiskan libur Idul Adha. 

Ada sejumlah spot foto favorit di Jalan Braga yang tentunya Instagramable. Misalnya, deretan lukisan, depan tulisan Jalan Braga, depan bangunan kolonial, dan depan kafe. 

3. Rabbit Town 

Rabbit Town merupakan destinasi yang cocok untuk anak-anak hingga dewasa. Meskipun namanya Rabbit Town, pengunjung bisa menjumpai hewan selain kelinci, seperti burung, ikan arwana, dan monyet. 

Berdasarkan informasi dari Kompas.com (4/5/2022), ada sejumlah spot menarik bagi pengunjung di Rabbit Town. Sebut saja, Fantasy Land di mana wisatawan dapat melihat koleksi 168 ikan arwana dalam akuarium besar. 

Baca juga: Berwisata Sambil Berswafoto di Rabbit Town

Love ligth merupakan salah satu lokasi andalan pengunjung untuk berswa foto di Rabbit Town. Rabbit Town merupakan salah satu lokasi wisata swafoto di wilayah Jalan Rancabentang No.30, Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat.  KOMPAS.com/AGIE PERMADI Love ligth merupakan salah satu lokasi andalan pengunjung untuk berswa foto di Rabbit Town. Rabbit Town merupakan salah satu lokasi wisata swafoto di wilayah Jalan Rancabentang No.30, Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat.

Lalu, Adventure Land sebuah spot foto Instagramable. Salah satu spot foto favorit pengunjung adalah Love Light yakni karya seni kontemporer dengan 88 deretan pilar putih dengan lampu-lampu di atasnya. 

Bergeser ke sisi lain, pengunjung dapat menemui area penangkaran kelinci yang disebut Rabbit Farm atau Rabbit Villa. Lokasi Rabbit Town berada di Jalan Rancabentang No.30, Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung. 

4. Trans Studio Bandung

Jika ingin menghabiskan libur Idul Adha di tempat wisata indoor, maka kamu bisa mendatangi Trans Studio Bandung. Trans Studio merupakan jaringan taman bermain di dalam ruangan (indoor theme park) di Indonesia yang dikelola oleh CT Corp. 

Trans Studio terdapat di beberapa kota besar antara lain Bandung, Makassar, dan Cibubur. Dari ketiganya, Trans Studio Bandung merupakan indoor theme park yang terbesar. 

Baca juga: Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Rumah Guguk Bandung 2022

Suasana di salah satu wahana Trans Studio Bandung (TSB).KOMPAS.com/RENI SUSANTI Suasana di salah satu wahana Trans Studio Bandung (TSB).

Mengutip dari situs Trans Studio Bandung, taman hiburan ini memiliki 4,2 hektar, serta terletak di dalam kawasan Trans Studio Mall Bandung. 

Trans Studio Bandung menyajikan 20 wahana permainan dan hiburan yang terbagi dalam tiga zona. Lokasinya berada di Jalan Jendral Gatot Subroto No.289 A, Cibangkong, Bandung. 

5. Paskal Food Market 

Berwisata ke Bandung, terasa kurang lengkap jika tidak mencicipi kuliner di Kota Kembang ini. Salah satu wisata kuliner di Bandung adalah Paskal Food Market. 

Paskal sendiri merupakan singkatan dari Pasir Kaliki, seperti dikutip dari Kompas.com (4/10/2022). Pusat kuliner ini mengusung tag line 1001 Menu Ada di Sini, lantaran aneka menu makanan tersaji di Paskal Food Market. 

Lokasinya berada di dalam Paskal Hyper Square, Jalan Pasir Kaliki Nomor 25-27, Bandung.

Baca juga: 8 Tempat Wisata Malam di Bandung, Ada Hutan Menyala yang Instagramable

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com