Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Wisata Bandungan Semarang Berhawa Sejuk, Ada Tempat Baru yang Hits 

Kompas.com - Diperbarui 14/01/2023, 14:13 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang merupakan wilayah di lereng Gunung Ungaran. Letaknya sekitar 32 kilometer dari pusat Kota Semarang. 

Banyak wisata Bandungan Semarang untuk liburan yang berhawa sejuk. Salah satu icon wisata Bandungan adalah Candi Gedong Songo. 

Baca juga: 

Selain itu, ada tempat wisata baru Bandungan yang hits di kalangan wisatawan. Berikut rekomendasi tempat wisata Bandungan Semarang yang dihimpun Kompas.com. 

Tempat wisata di Bandungan Semarang dengan hawa sejuk

1. Alun-alun Bandungan 

Alun-alun Bandungan di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Alun-alun Bandungan di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Alun-alun Bandungan merupakan icon wisata baru di Kecamatan Bandungan, Semarang, dengan patung tiga gunungan yang bisa jadi spot Instagramable. 

Daya tarik Alun-alun Bandungan adalah latar belakang pemandangan alam dan aneka tanaman.

Baca juga:

Ruang publik itu kini banyak dikunjungi warga pada pagi dan sore hari untuk olahraga, wisata kuliner, atau sekadar bersantai. 

2. Candi Gedong Songo 

Candi Gedong SongoShutterstock Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo merupakan kompleks candi bercorak Hindu. Nama Gedong Songo berasal dari Bahasa Jawa, yaitu gedong berarti bangunan dan songo berarti sembilan. 

Sesuai namanya, terdapat sembilan bangunan candi di kompleks ini. Mengutip Kompas.com pada Selasa (28/12/2021), daya tarik Candi Gedong Songo adalah berada di ketinggian 1.200-1.300 meter di atas permukaan laut (mdpl) sehingga menawarkan pemandangan yang indah. 

Baca juga: Itinerary Wisata 3 Hari 2 Malam di Semarang, Jelajah Candi Gedong Songo

Lokasi candi yang berada di ketinggian berkaitan dengan kepercayaan umat Hindu bahwa gunung merupakan tempat bersemayam para dewa. Umat Hindu meyakini ibadah di tempat yang tinggi, seperti gunung, akan lebih mendekatkan diri dengan kahyangan. 

Panorama Candi Gedong Songo merupakan incaran para fotografer lantaran memadukan pemandangan candi yang sakral, gugusan awan, serta gunung-gunung di Jawa Tengah. 

Lokasinya berada di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

3. Taman Bunga Celosia

Taman Bunga Celosia BandunganDOK.SHUTTERSTOCK/haryanta.p Taman Bunga Celosia Bandungan

Sesuai namanya, obyek wisata ini dipenuhi dengan beragam bunga warna-warni, seperti dikutip dari Tribun Travel, Kamis (23/12/2021). Selain bunga celosia, terdapat jenis bunga lainnya seperti lavender dan krisan.

Taman Bunga Celosia menghadirkan banyak spot foto Instagramable, seperti rumah hobbit, balon udara, Rural Japanese, White Marine Park, New Little Korea, Little Amsterdam, dan taman lampion. 

Baca juga: Perbedaan Taman Bunga Celosia 1,2, dan 3, Simak Info Terbaru

Taman Bunga Celosia juga menyediakan Cafe Garden Celosia yang dapat digunakan wisatawan untuk bersantai sembari menikmati pemandangan dari ketinggian. Obyek wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi anak-anak hingga orang dewasa. 

Selain itu, udara di area Taman Bunga Celosia cukup segar lantaran berada di kaki Gunung Ungaran. Lokasinya berada di Jalan Wisata Candi Gedong Songo KM 0,5 Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. 

4. Sunrise Hill Gedong Songo

Sunrise Hill Gedong Songo merupakan tempat wisata yang menawarkan beragam fasilitas kepada wisatawan. Mengutip dari Tribun Travel, Kamis (23/7/2021), terdapat spot foto, glamping (glamour camping), dan kolam renang.

Baca juga: Tips Berburu Matahari Terbit di Candi Gedong Songo

Obyek wisata di Bandungan ini juga memiliki kampung tematik yang Instagramable. Mulai dari kampung salju, kampung Jepang, dan kampung Halloween. 

Untuk anak kecil, tersedia area bermain atau playground. Lokasi Sunrise Hill Gedong Songo berada di Jalan Candi Gedong Songo, Tlogosari, Banyukuning, Bandungan Semarang. 

5. Umbul Sidomukti 

Kolam Renang Umbul Sidomukti. Dok. Umbul Sidomukti Kolam Renang Umbul Sidomukti.

Umbul Sidomukti merupakan wisata alam yang berada di lereng Gunung Ungaran. Berada di ketinggian 1.200 mdpl, obyek wisata ini menawarkan udara segar khas pegunungan. 

Dilaporkan oleh Kompas.com pada Sabtu (26/3/2022), daya tarik Umbul Sidomukti adalah kolam renang yang airnya berasal dari mata air Gunung Ungaran. Terdapat tiga kolam dengan kedalaman bervariasi mulai dari 30 centimeter hingga 1,5 meter. 

Baca juga: Itinerary 2 Hari 1 Malam di Kota Semarang, Menikmati Sejarah dan Seni

Selain kolam renang, wisatawan bisa menikmati fasilitas lainnya seperti wahana Little Ranch, berkuda, panahan, dan susur goa buatan sepanjang 135 meter. 

Umbul Sidomukti juga menyediakan wahana yang memacu adrenalin, antara lain ATV, flying fox, marine bridge, dan sepeda awang. Lokasinya berada di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com